Ayat Ahkam: Kewajiban Berkata Baik kepada Manusia (Surah al-Baqarah: 83)

0
117

BincangSyariah.Com – Allah Swt. berfirman dalam surah al-Baqarah [2]: 83,

وَإِذْ أَخَذْنا مِيثاقَ بَنِي إِسْرائِيلَ لا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوالِدَيْنِ إِحْساناً وَذِي الْقُرْبى وَالْيَتامى وَالْمَساكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْناً وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْكُمْ وَأَنْتُمْ مُعْرِضُونَ

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling”

Mengutip dari kitab Nailu al-Maram min Tafsir Ayat al-Ahkam karya Muhammad Shodiq Khan, ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT telah mengambil perjanjian dengan kaum Bani Israil. Dimana mereka bersumpah untuk melaksanakan isi dari perjanjian tersebut yang berupa beberapa perintah Allah. Meskipun dalam ayat ini disebutkan bahwa perjanjian tersebut ditujukan pada kaum Bani Israil, namun sejatinya ditujukan pula pada seluruh umat manusia, mengikuti prinsip bahwa Alquran merupakan kitab yang arahannya bersifat universal.

Perintah-perintah tersebut ialah agar mengesakan Allah (tauhid), berbuat baik kepada kedua orang tua (birrul walidain), sanak-kerabat, anak yatim dan orang miskin, serta kewajiban berkata baik kepada manusia. Ayat ini juga menegaskan kewajiban shalat dan zakat.

Pada ayat lain, yakni Al-Baqarah [2]: 63 diceritakan bahwa perjanjian antara Allah dengan kaum Bani Israil tersebut dilakukan di bawah baying-bayang gunung yang diangkat diatas mereka:

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّورَ خُذُوا مَا آتَيْنَاكُمْ بِقُوَّةٍ وَاذْكُرُوا مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): “Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada didalamnya, agar kamu bertakwa”.

Diceritakan oleh Syekh Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir al-Munir bahwa ironisnya, kebanyakan dari kaum Bani Israil mengkhianati janji tersebut. Inilah mengapa surat Al-Baqarah: 83 diakhiri dengan kalimat: “Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling”.

Kembali kepada persoalan penafsiran hukum dari surat Al-Baqarah: 83. Salah satu poin perintah yang akan dibahas pada tulisan kali ini ialah poin perintah untuk berkata yang “baik” kepada manusia. Mengingat bahwa ayat ini tidak secara spesifik memberikan kejelasan tentang apa maksud dari kata “baik”, maka kata “baik” ini bersifat umum. Dengan demikian ketika kita mengucapkan segala kebaikan apapun yang kepada manusia, kita sudah dianggap menjalankan perintah pada ayat ini.

Meskipun demikian, ada beberapa ulama yang berusaha menafsirkan kata “baik” diatas. Ada ulama yang berpendapat bahwa kata “baik” tersebut diatas bermakna kalimat tauhid, ada yang mengartikannya sebagai kebenaran, ada pula yang mengartikannya sebagai amar ma’ruf dan nahi munkar, dan ada yang mengartikannya sebagai ucapan yang lembut serta bagusnya pergaulan dan akhlak yang baik. Sahabat Abdullah bin Abbas yang pernah didoakan oleh Nabi Muhammad agar menjadi ahli tafsir mengartikannya sebagai amar ma’ruf dan nahi munkar. Penafsiran Sahabat Ibn Abbas ini selaras dengan pendapat yang dipilih oleh Imam Ibnu Katsir yang menjelaskan bahwa maksud kalimat ini ialah, “berkatalah kepada mereka dengan baik dan lemah lembut termasuk dalam hal ini amar ma’ruf nahi munkar dengan cara yang ma’ruf.”

Persoalan selanjutnya ialah kepada siapa kita mesti berkata yang baik?. Dalam hal ini, Sayyidina Ali bin Abi Thalib Ra. sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Baihaqi menyatakan bahwa hal kita mesti berkata yang baik kepada seluruh manusia tanpa terkecuali.

Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu alam bi shawab.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here