Arab Saudi Kembali Membuka Kedatangan Jamaah Umrah

1
30

BincangSyariah.Com – Arab Saudi kembali membuka kedatangan jamaah umrah ke tanah suci Mekkah dan Madinah setelah lebih dari tujuh bulan menutup dua kota suci dari jamaah luar Arab Saudi.

Seperti dikutip dari arabnews.com, kuota jamaah internasional yang dibuka adalah 10.000 orang yang dimulai sejak Minggu, 1 November yang lalu. Diantara jamaah dari berbagai negara tersebut adalah dari jamaah umrah Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi sebanyak 224 orang seperti dikutip dari detik.com. Mereka tiba pada 1 November lalu jam 18.16 waktu Arab Saudi.

Mengutip Deputi Kementerian Haji dan Umrah, Dr. Amr al-Maddah, sejumlah jamaah yang hadir harus memenuhi sejumlah ketentuan pencegahan Covid-19. Semua jamaah umrah sebelum berangkat harus di tes PCR tes tidak lebih dari 72 jam. Kemudian, setiap jamaah umrah harus dikarantina 3 hari sebelum keberangkatan dan 3 hari ketika tiba di hotel tempat mereka menginap sebelum berangkat ke berbagai titik Miqat. Kemudian, masa tinggal di Arab Saudi bisa lebih dari 10 hari termasuk masa karantina di hotel. Selain itu, dari segi umur juga dilakukan pembatasan dimana usia yang diizinkan adalah 18-50 tahun.

Dr. Amr juga menambahkan bahwa negara-negara asal kedatangan jamaah haji tersebut juga terus dievaluasi oleh Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit dibawah Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Visa yang bersumber dari negara-negara yang mengalami peningkatan jumlah kasus Covid-19 akan dievaluasi lebih lanjut.

Menyambut dibukanya kembali kegiatan umrah, Kementerian Agama menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) no. 719 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Umrah selama Pandemi. Menurut Oman Fathurrahman, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, regulasi penyelenggaraan umrah ini sudah dibahas dengan berbagai pihak terkait, termasuk Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan kementerian terkait seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan pihak maskapai penerbangan

Baca Juga :  Saat Berhadas Besar, Bolehkah Memotong Rambut dan Kuku?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here