Apakah Wudu Batal Jika Keluar Angin dari Vagina?

0
818

BincangSyariah.Com – Keluar angin atau kentut pasti sudah biasa dialami setiap orang. Laki-laki dan perempuan dalam sehari pasti mengeluarkan kentut. Umumnya, kentut keluar dari dubur akibat ada tekanan udara dari usus. Namun demikian, selain dari dubur, kentut juga bisa keluar dari vagina perempuan.

Apakah wudu batal jika keluar angin atau kentut dari vagina?

Setiap benda yang keluar dari kubul dan dubur laki-laki dan perempuan dapat membatalkan wudu, baik berupa angin atau kentut, kencing, darah atau lainnya. Karena itu, jika ada perempuan yang mengeluarkan angin dari vaginanya, maka wudunya batal. Mengeluarkan angin dari vagina atau dubur sama-sama membatalkan wudu.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

الخارج من قبل الرجل أو المرأة أو دبرهما ينقض الوضوء ، سواء كان غائطا أو بولا أو ريحا أو دودا أو قيحا أو دما أو حصاة أو غير ذلك ، ولا فرق في ذلك بين النادر والمعتاد ، ولا فرق في خروج الريح بين قبل المرأة والرجل ودبرهما ، نص عليه الشافعي رحمه الله في الأم ، واتفق عليه الأصحاب

“Yang keluar dari kubul atau dubur lelaki dan perempuan, maka menyebabkan wudu batal. Baik yang keluar tersebut berupa feses (kotoran), urine (air kencing), angin, cacing, nanah, darah, kerikil atau benda apapun lainnya. Tidak dibedakan antara yang sering keluar atau yang jarang-jarang. Dan tidak dibedakan antara yang keluar dari kubul perempuan atau lelaki atau yang keluar melalui duburnya. Demikian yang ditegaskan oleh Imam Syafii dalam kitab Al-Umm dan disepakati oleh ulama Syafiiyah.”

Dalam kitab Al-Mughni, Imam Ibnu Qudamah juga menegaskan bahwa angin yang keluar dari vagina perempuan dapat membatalkan wudu. Beliau berkata;

Baca Juga :  Bolehkah Daging Hewan Akikah Diberikan kepada Non-Muslim

نقل صالح عن أبيه في المرأة يخرج من فرجها الريح ;ما خرج من السبيلين ففيه الوضوء . وقال القاضي خروج الريح من الذكر وقبل المرأة ينقض الوضوء

“Sholeh meriwayatkan dari ayahnya (Imam Ahmad) tentang perempuan yang mengeluarkan angin dari farjinya. Lalu beliau berkata, ‘Semua yang keluar dari dua jalan (kubul dan dubur) membatalkan wudu. Al-Qadhi berkata bahwa keluarnya angin dari kemaluan lelaki dan vagina perempuan dapat membatalkan wudu.”

Dengan demikian, bagi perempuan yang mengalami kentut dari vaginanya, maka dia wajib wudu ketika hendak melaksanakan salat. Karena wudu menjadi batal sebab kentut dari vagina, sebagaimana juga batal sebab kentut dari anus atau dubur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here