Hukum Azan dan Iqamah Sebelum Shalat Sunah?

1
4135

BincangSyariah.Com – Sebelum kita melaksanakan shalat fardhu, kita dianjurkan untuk mengumandangkan azan dan iqamah terlebih dahulu. Azan berfungsi untuk memberi tahu masuknya waktu shalat fardhu, sementara iqamah menandakan bahwa shalat fardhu akan segera dimulai. Namun bagaimana dengan shalat sunah, apakah sebelum melakukannya disunahkan azan dan iqamah terlebih dahulu?

Azan dan iqamah hanya sunah dilakukan sebelum shalat fardhu lima waktu. Adapun selain shalat fardhu, kita tidak dianjurkan untuk melakukan azan dan iqamah.

Kita tidak dianjurkan melakukan azan dan iqamah sebelum shalat sunah, meskipun shalat sunah tersebut dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjemaah, seperti shalat Idul Fitri dan Idul Adha, shalat gerhana matahari atau bulan, shalat istisqa’ dan shalat tarawih. Begitu juga tidak dianjurkan azan dan iqamah sebelum shalat sunah yang tidak disunahkan untuk dilaksanakan secara berjemaah semisal shalat Dhuha dan lainnya.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Kifayatul Akhyar berikut;

أَنَّهُمَا ليسَا بِسنة فِي غير الصَّلَاة الْمَكْتُوبَة وَهُوَ كَذَلِك فَلَا يشرعان فِي الْمَنْذُورَة والجنازة وَلَا السّنَن وَإِن شرعت فِيهَا الْجَمَاعَة كالعيد والكسوف وَالِاسْتِسْقَاء والتراويح لعدم ورودهما فِي ذَلِك

“Sesungghnya keduanya (azan dan iqamah) tidak disunahkan dalam shalat selain shalat fardhu. Dan hal itu demikian keadaannya, keduanya tidak disyariatkan dalam shalat nazar dan shalat jenazah, begitu juga dalam shalat-shalat sunah meskipun shalat sunah tersebut disyariatkan untuk dilaksanakan secara berjemaah, seperti shalat ‘id, gerhana, istisqa’ dan tarawaih karena azan dan iqamah tidak pernah wurud atau dilakukan dalam perkara-perkara tersebut.”

Dalam kitab al-Raudhah, Imam Nawawi juga menegaskan bahwa azan dan iqamah tidak disunahkan sebelum shalat sunah. Beliau berkata;

أما غير الفرائض الخمس فلا أذان لها ولا إقامة . سواء كانت منذورة أو سنة ، سواء سن لها الجماعة كالعيدين والكسوفين والاستسق ، أم لم يسن كالضحى

Baca Juga :  Benarkah Merasa Cemas Pandemi Covid-19 Berarti Tidak Tawakal?

“Adapun selain shalat fardhu, maka tidak ada azan dan iqamah, baik shalat nazar atau sunah, baik disunahkan berjemaah seperti shalat Idul Fitri dan Idul Adha, shalat gerhana matahari dan bulan, istisqa’, atau tidak disunahkan berjemaah seperti shalat Dhuha.”

Dengan demikian, ketika kita hendak shalat sunah, kita tidak perlu melakukan azan atau iqamah, meskipun shalat sunah tersebut kita laksanakan dengan berjemaah.

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Sudah maklum bersama bahwa ketika kita hendak melaksanakan shalat wajib lima waktu, kita dianjurkan untuk mengumandangkan adzan dan iqamah terlebih dahulu. Namun bagaimana hukum mengumandangkan adzan dan iqamah sebelum shalat nadzar, apakah juga disunnahkan mengingat shalat nadzar wajib juga dilaksanakan? (Apakah Sebelum Shalat Sunah Dianjurkan Azan dan Iqamah?) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here