Apakah Sayap Laron yang Sudah Terpisah Dihukumi Najis?

0
472

BincangSyariah.Com – Hewan yang disebut dengan laron sudah tidak asing kita jumpai. Setiap musin hujan tiba, hewan ini banyak bermunculan mengelilingi sinar lampu dan bulu sayapnya berjatuhan. Kadang ada yang hinggap di makanan, minuman, air dan lainnya. Apakah bulu sayap laron yang sudah terpisah tersebut dihukumi najis?

Ulama berbeda pendapat terkait bulu sayap laron, atau hewan lainnya yang tidak bisa dimakan, apakah najis atau tidak ketika terpisah dari hewan tersebut saat masih hidup. Sebagian ulama mengatakan najis, namun kebanyakan ulama yang lain mengatakan suci.

Namun di antara dua pendapat ini, pendapat yang kedua adalah yang paling sahih dan kuat. Yaitu bulu yang terpisah dari hewan yang tidak bisa dimakan saat masih hidup tetap dihukumi suci karena bulu tersebut tidak memiliki kehidupan, tidak punya ruh. Berbeda jika yang terpotong dari hewan yang masih hidup adalah salah satu anggota tubuhnya, maka semua ulama sepakat bahwa anggota tubuh yang terpotong tersebut dihukumi najis kecuali dari manusia, ikan dan belalang.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Kifayatul Akhyar berikut;

بخلاف الشعور فإنها لاتحلها الحياة ولهذا لا تحس ولا تألم بالقطع ولنا في شعور غير المأكول وجه أنها لا تنجس لهذه العلة

“Berbada dari bulu, maka tidak ada kehidupan padanya. Karena itu, ia tidak merasa dan tidak sakit saat dipotong. Terkait bulu hewan yang tidak bisa dimakan, bagi kami tidak najis karena alasan ini.”

Oleh karena itu, bulu sayap laron yang terpisah saat masih hidup, atau bulu hewan lainnya yang tidak bisa dimakan, dihukumi suci. Oleh karena itu, jika ada bulu laron hinggap di air, maka air tersebut tetap dihukumi suci, boleh diminum dan boleh digunakan untuk bersuci atau lainnya.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here