Apakah Sah Melaksanakan Shalat Jumat di Tengah Hutan?

0
225

BincangSyariah.Com –Melaksanakan shalat Jumat di tengah hutan kadang harus terpaksa dilakukan karena jauh dari perkampungan sehingga jauh dari masjid. Biasanya yang melaksanakan shalat Jumat di tengah hutan adalah mereka yang bekerja di tengah hutan, atau mereka yang sedang mendaki gunung. Apakah sah melaksanakan shalat Jumat di tengah hutan?

Melaksanakan shalat Jumat di tengah hutan bagi mereka yang sedang bekerja di hutan atau mereka yang sedang berkemah, hukumnya tidak sah. Mereka tidak sah melaksanakan shalat Jumat di tengah hutan karena mereka tidak dinilai bertempat tinggal di tempat tersebut.

Berbeda jika mereka hendak menetap selamanya di tengah hutan tersebut, atau hendak berkemah selamanya, maka wajib bagi mereka melaksanakan shalat Jumat. Jika mereka masih ingin pindah, maka mereka tidak sah melaksanakan shalat Jumat. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin berikut;

وأما أهل الخيام النازلون في الصحراء ، ويتنقلون في الشتاء وغيره ، فلا تصح جمعتهم فيها ، فإن كانوا لا يفارقونها شتاء ولا صيفا ، فالأظهر أنها لا تصح . والثاني : تصح وتجب

Adapun penghuni kemah yang menetap di padang sahara (hutan) dan mereka berpindah di musim kemarau dan lainnya, maka mereka tidak sah melaksanakan shalat Jumat di sana. Jika mereka tidak berpindah, baik musim kemarau dan hujan, maka menurut pendapat yang lebih jelas tetap tidak sah. Sementara menurut pendapat kedua sah dan wajib.

Meski mereka tidak sah melaksanakan shalat Jumat di tengah hutan, mereka tetap wajib melaksanakan shalat Dzuhur seperti hari-hari biasanya. Kewajiban melaksanakan shalat Jumat ketika di tengah hutan diganti dengan kewajiban melaksanakan shalat Dzuhur.

Baca Juga :  Lima Hal yang Sunnah Dilakukan Setelah Memasuki Masjid Hingga Sebelum Shalat Jumat Dimulai


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here