Apakah Kentut dalam Air Batalkan Puasa?

0
6838

BincangSyariah.Com – Bagi manusia, mengeluarkan gas dari jalan belakang adalah hal yang biasa. Peristiwa itu disebut dengan kentut.  Penyebabnya pun beragam, bisa dikarenakan terlalu banyak makan, atau sakit perut. Mengeluarkan kentut saat puasa adalah tidak membatalkan puasa. Tetapi bagaimana jika ia mengeluarkannya dalam air, batalkah puasanya?

Syekh Zainuddin al Malibari di dalam kitab Fathul Mu’in menyebutkan

ويفطر بدخول عين وان قلت الى ما يسمى جوفا اى جوف من مر كباطن اذن واخليل وهو مخرج البول ولبن

“Dan puasa batal disebabkan masuknya sesuatu benda meskipun disebut sedikit ke dalam lubang, yakni lubangnya orang seperti bagian dalam telinga dan jalannya kencing, yaitu tempat keluarnya kencing dan susu.”

Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa salah satu hal yang dapat membatalkan puasa adalah adanya sesuatu yang masuk ke lubang kemaluan. Lebih lanjutnya Imam Zainuddin juga menerangkan masuknya sesuatu ke dalam lubang (bol) jalan belakang juga dapat membatalkan puasa.

Bahkan, dalam bentuk kehati-hatian, beliau mengatakan berak pada malam hari itu lebih baik daripada di siang hari, karena untuk menghidari sampainya sesuatu ke dalam lubang jalan belakang (bol).

Oleh karena itu, maka hukum kentut dalam air ketika puasa adalah batal, jika air tersebut sampai masuk ke dalam lubang jalan depan atau belakang. Tetapi jika tidak sampai masuk ke dalam lubang kemaluan atau jalan belakang ketika kentut, maka puasanya tidak batal. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Berdosakah Kentut di Hadapan Istri?


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here