Apakah Jasad yang Tidak Dikubur juga akan Ditanya Malaikat Munkar-Nakir?

0
1775

BincangSyariah.Com – Ketika masih kecil, mungkin kita pernah mendengar bahwa setelah anak adam dikubur maka akan datang Malaikat Munkar-Nakir yang akan menanyakan; siapa tuhanmu? siapa rasulmu? dan lain-lain.

Akan tetapi pertanyaannya, bagaimana dengan orang yang jasadnya hilang? baik karena dimakan binatang buas atau hilang dalam bencana alam dan lain sebagainya? Apakah mereka tidak akan bertemu kedua Malaikat tersebut?

Imam Nawawi menjelaskan bahwa hal seperti itu tidak akan menghalangi Malaikat Munkar-Nakir untuk menanyai pertanyaan-pertanyaan bagi setiap yang telah meninggal. Baik orang tersebut di kubur ataupun tidak. Penjelasan itu disebutkan dalam Syarah Shahih Muslim beriktu ini

قال أصحابنا (أي الشافعية): لا يمنع من سؤال الملكين وعذاب القبر : كون الميت قد تفرقت أجزاؤه ، أو أكلته السباع أو حيتان البحر ، أو نحو ذلك، فكما أن الله تعالى يعيده للحشر، وهو سبحانه وتعالى قادر على ذلك ، فكذا يعيد الحياة إلى جزءٍ منه ، أو أجزاءٍ ، وإن أكلته السباع والحيتان

Menurut kelompok kami (Syafi’iyah); pertanyaan Malaikat Munkar-Nakir dan azab kubur tidak bisa tercegah meski; keadaan mayat telah terpisah-pisah bagian tubuhnya,  atau dimakan binatang buas atau hiu laut atau semisalnya, karena sesungguhnya Allah akan menghidupkan mereka kembali, Dia yang Maha Suci Maha Mampu melakukan hal itu,  begitu juga mengembalikan bagian tubuh atau beberapa bagian tubuh menjadi hidup sekalipun telah dimakan binatang buas atau hiu laut.

Adapun penyebutan bahwa manusia akan ditanya dalam kubur karena kubur adalah alam barzah pertama yang akan menjadi tempat persinggahan manusia sebelum datang kiamat. Jika amal mereka buruk maka kubur bagaikan jurang neraka, sedangkan bila amal mereka baik maka kubur layaknya taman-taman surga.

Baca Juga :  Bagaimana Suasana Alam Kubur? Ini Penjelasan Rasulullah

Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here