Apakah Boleh Anak Sendiri Menikah dengan Anak Tiri?

21
12875

BincangSyariah.Com – Termasuk perkara yang sering menjadi pertanyaan di tengah masyarakat adalah hukum pernikahan anak sendiri dengan anak tiri atau disebut nikah dengan sesama anak tiri. Perkara ini sering terjadi kerancuan di tengah masyarakat terkait kebolehan menikah dengan sesama anak tiri.

Untuk lebih mudah, berikut gambaran pernikahan dengan sasama anak tiri. Misalnya, Ahmad memiliki anak laki-laki bernama Zaky. Kemudian Ahmad menikah dengan Khadijah yang sudah punya anak bernama Aisyah. Zaky dan Aisyah disebut saudara tiri. Apakah boleh Zaky dan Aisyah menikah?.

Menikah dengan saudara tiri hukumnya boleh. Tidak ada larangan dalam syariat untuk menikah dengan saudara tiri karena saudara tiri tidak termasuk mahram yang haram dinikahi. Untuk contoh di atas, Zaky dan Aisyah boleh menikah karena di antara keduanya tidak ada hubungan nasab atau saudara susuan yang menjadikan keduanya mahram.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin berikut;

ﻓﺮﻉ ﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﺑﻨﺖ ﺯﻭﺝ ﺍﻷﻡ ﻭﻻ ﺃﻣﻪ ﻭﻻ ﺑﻨﺖ ﺯﻭﺝ ﺍﻟﺒﻨﺖ ولا ﺃﻡ ﺯﻭﺟﺔ ﺍﻷﺏ ولابنتها

“[Cabang bahasan] Tidak diharamkan (menikahi) anak perempuan dari suami ibu, (saudari tiri, persaudaraan karena bapak tiri), tidak haram pula menikahi ibu dari suaminya ibu (nenek tiri), tidak pula anak perempuan dari suaminya anak perempuan (cucu tiri), dan tidak pula istri dari bapak tiri  dan anak perempuan dari istri bapak tiri.”

Dengan demikian, menurut hukum fiqih, pernikahan antara sesama saudara tiri diperbolehkan. Keduanya tidak termasuk mahram, baik sebab nasab, susuan atau pernikahan.

Baca Juga :  Menikahi Saudara Kandung dalam Undang-undang Perkawinan di Indonesia

21 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum wr, wb.

    Saya mau tanya, apakah boleh saya menikah dengan anak tirinya kakak kandung saya ?

    Rumusnya begini:
    Jadi kakak kandung saya menikah dengan janda yang sudah mempunyai anak dan anaknya itu perempuan namanya EVI, jadi kakak kandung saya punya anak tiri bernama EVI itu.
    Jadi apakah boleh saya menikah dengan EVI, dan apa hukumnya menurut islam ?

    Terima kasih !!

    Wassalamualaikum wr, wb.

  2. Misalnya ayah saya menikah dengan seorang wanita yang kelak menjadi ibu tiri saya.
    Ibu tiri saya masih memiliki ayah.
    Bolehkah ayah dari ibu tiri saya menikahi saya?

  3. Ulasan do atas tidak menyebutkan surat apa di dalam Alquran..hanya merujuk pada kitab..yg didasarkan tafsir sendiri

  4. Ulasan di atas tidak menyebutkan surat apa di dalam Alquran..hanya merujuk pada kitab..yg didasarkan tafsir sendiri

  5. Bagaimana jika bapa saya nikah trus punya anak dri istri bapa saya, trus saya sebagai anak kndung dari bapa saya mencintai anak dari istri ayah saya bagaimana menurtu pandanga islam apakah boleh atau tidak

  6. Tidak boleh sebab termasuk mahram, Karena itu saudara seayah bukan saudara tiri (status nya berbeda walaupun hampir mirip).

  7. Anak kandung ayah anda yg dr hasil pernikahan dg ibu tiri.berarti anak itu saudara kandung dg anda walaupun beda ibu dg anda tp satu ayah dg anda.ya tentu saja haram dinikahi kan sama sj saudara kandung anda.satu darah daging dg ayah kandung anda.benar kan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here