Apakah Anak Kecil Wajib Disuruh Berwudhu Sebelum Menyentuh Al-Quran?

0
706

BincangSyariah.Com – Saat ini anak kecil usia antara tiga hingga sepuluh tahun sudah terbiasa menyentuh dan memegang al-Quran. Bahkan sudah banyak anak kecil yang sudah hafal beberapa surah al-Quran. Namun demikian, biasanya anak kecil tidak berwudhu terlebih dahulu sebelum menyentuh al-Quran. Apakah anak kecil tersebut wajib disuruh berwudhu sebelum menyentuh al-Quran?

Menurut pendapat yang shahih dan diikuti oleh kebanyakan ulama Syafiiyah, anak kecil yang sudah tamyiz boleh menyentuh al-Quran meskipun dalam keadaan hadas atau belum berwudhu. Ia tetap diperbolehkan menyentuh dan memegang al-Quran dengan tujuan belajar, atau membaca al-Quran. Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah berikut;

وَقَال الشَّافِعِيَّةُ : لاَ يُمْنَعُ صَبِيٌّ مُمَيِّزٌ مِنْ مَسٍّ وَحَمْل مُصْحَفٍ أَوْ لَوْحٍ يَتَعَلَّمُ مِنْهُ لِحَاجَةِ تَعَلُّمِهِ وَمَشَقَّةِ اسْتِمْرَارِهِ مُتَطَهِّرًا ، وَقَال النَّوَوِيُّ : أُبِيحَ حَمْل الصِّبْيَانِ الأْلْوَاحَ لِلضَّرُورَةِ لِلْحَاجَةِ وَعُسْرِ الْوُضُوءِ لَهَا

“Ulama Syafiiyah berkata, ‘Anak kecil yang sudah tamyiz tidak boleh dicegah menyentuh dan membawa mushaf atau papan di mana dia belajar darinya karena kebutuhan belajar dan sulitnya anak kecil terus menerus dalam keadaan suci. Imam Nawawi berkata, ‘Dibolehkan anak kecil membawa papan karena darurat dan kebutuhan, juga karena anak kecil sulit melakukan wudhu.”

Dalam kitab al-Tibyan fi Adabi Hamalatil Quran, Imam Nawawi menjelaskan bahwa anak kecil tidak wajib disuruh wudhu terlebih dulu sebelum menyentuh dan membawa al-Quran. Karena itu, para tua dan para guru tidak perlu memaksa anak kecil untuk wudhu sebelum menyentuh al-Quran karena menurut pendapat yang shahih, mereka boleh menyentuh al-Quran meskipun tanpa wudhu.

هل يجب على المعلم والولي تكليف الصبي المميز الطهارة لحمل المصحف واللوح اللذين يقرأ فيهما؟ فيه وجهان مشهوران لاصحابنا اصحهما عند الاصحاب لا يجب للمشقة

Baca Juga :  Saat di Alam Kubur, Apakah Anak Kecil Ditanya Munkar-Nakir Juga?

“Apakah wajib bagi para guru dan para orang tua memaksa anak kecil yang sudah tamyiz untuk bersuci sebelum membawa mushaf dan papan di mana dia membaca darinya? Dalam masalah ini ada dua pendapat yang masyhur bagi sahabat kami. Yang paling shahih menurut ulama Syafiiyah adalah tidak wajib karena sulit.”

Adapun anak kecil yang belum tamyiz, kira-kira usia satu tahun, maka harus dicegah untuk menyentuh dan memegang al-Quran. Bagi siapa pun yang melihat anak kecil yang belum tamyiz memegang al-Quran, maka dia wajib mengambilnya agar al-Quran tersebut tidak dirobek, dirusak atau lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here