Belajar Tauhid: Apa Tugas-tugas Para Malaikat itu?

0
120

BincangSyariah.Com –  Telah kita ketahui bahwa Allah swt. selain menciptakan manusia dari tanah dan iblis dari api, Allah swt. juga menciptakan malaikat dari cahaya. Lalu apa tugas-tugas para malaikat itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah menjelaskan bahwa tugas-tugas para malaikat yang diberikan Allah swt. di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama. Sebagai utusan-utusan yang menghubungkan antara Allah swt. dengan para nabi dan rasul. Seperti malaikat Jibril a.s. Dalilnya adalah Q.S. Asy-Syu’ara/26: 193-194

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ

Yang dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril)

عَلٰى قَلْبِكَ لِتَكُوْنَ مِنَ الْمُنْذِرِيْنَ

ke dalam hatimu (Muhammad) agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan.

Kedua. Sebagai penjaga hamba-hambaNya. Dalilnya adalah Q.S. Ar-Ra’d/13: 11

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah.

Ketiga. Menulis amal-amal yang baik maupun yang buruk hamba-hambaNya. Dalinya Q.S. Al-Infithar/82: 10-12

وَاِنَّ عَلَيْكُمْ لَحٰفِظِيْنَۙ

Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),

كِرَامًا كَاتِبِيْنَۙ

yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (amal perbuatanmu),

يَعْلَمُوْنَ مَا تَفْعَلُوْنَ

mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Keempat. Menjaga surga dan segala kenikmatan di dalamnya. Dalilnya adalah Q.S. Az-Zumar/39: 73

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ اِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا وَفُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ

Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.”

Kelima. Menjaga Neraka dan adzab yang ada di dalam nya. Dalilnya adalah Q.S. Al-Muddatsir/74: 31

Baca Juga :  Belajar Tauhid: Apakah Manusia Bisa Melihat Malaikat?

وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً

Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat;

Keenam. Menjaga Arsy. Dalilnya adalah Q.S. Ghafir/40: 7

اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ

(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.

Ketujuh. Membantu kemaslahatan dan kemanfaatan hamba-hamba Allah swt. Dalilnya adalah Q.S. Al-An’am/6: 61

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهٖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً ۗحَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُوْنَ

Dan Dialah Penguasa mutlak atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan mereka tidak melalaikan tugasnya.

Kedelapan. Mencabut ruh-ruh. Dalilnya adalah Q.S. As-Sajdah/32: 11

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ

Katakanlah, “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.”

Demikianlah sebagian tugas-tugas para malaikat yang diberikan Allah swt., namun sebenarnya masih banyak tugas-tugas mereka yang telah diperintahkan Allah swt. seperti menanyakan hamba-hambaNya di alam kubur dan lain sebagainya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here