Apa Saja Surah Al-Qur’an yang Diawali dengan Qasam/Sumpah?

0
2662

BincangSyariah.Com- Bahasa Arab dari sumpah adalah Qasam. Yang memiliki makna qasam dalam bahasa Arab adalah huruf yaitu huruf ta’, ba’ dan wawu. Misalnya, tallahi, billahi dan wallahi. Semuanya itu menunjukkan makna “demi Allah”.

Dalam Al-Qur’an, terdapat beberapa surah yang diawali dengan huruf qasam. Dalam Ulumul Quran, surah yang dibuka dengan sumpah ini dikenal dengan istilah al-surah tustaftahu bil qasam.

Secara kesulurahan, surah Al-Qur’an yang dibuka dengan sumpah ini ada 15 surah. Namun dari 15 surah ini dibagi menjadi tiga bagian;

Pertama, surah yang dibuka dengan sumpah pada benda-benda di angkas. Ini ada di delapan surah, yaitu; Al-Shaffat (Was shaffat; demi rombongan yang bershaf-shaf), Al-Najm (Wan najmi; demi bintang), Al-Mursalat (Wal mursalati; demi malaikat-malaikat yang mencabut nyawa), Al-Buruj (Was sama-i zatil buruj; demi langit yang memiliki gugusan bintang), Al-Thariq (Was sama-i wat thariq; demi langit dan yang datang pada malam hari), Al-Fajr (Wal fajri wa layalin ‘asyr; demi fajar dan malam yang sepuluh), Al-Syamsi (Was syamsyi wa dhuhaha; demi matahari dan cahayanya di waktu Dhuha).

Kedua, surah yang dibuka dengan sumpah pada benda-benda di bumi. Ini ada empat surah, yaitu; surah Al-Zariyat (Waz zariyati zarwa; demi angin yang menerbangkan debu dengan sekuat-kuatnya), Al-Thur (Wat Thur; demi bukit Tur), Al-Tin (Wat Tin; demi buah Tin), dan Al-‘Adiyat (Wal ‘Adiyati; demi kuda perang yang berlari kencang).

Ketiga, surah yang dibuka dengan sumpah pada waktu. Ini ada tiga surah, yaitu; Al-Lail (Wall ail; demi malam), Al-Dhuha (Wad dhuha; demi waktu Dhuha), dan Al-Ashr (Wal ‘Ashr; demi waktu).

Baca Juga :  Enam Surah Ini Diakhiri dengan Ayat Wasiat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here