Anjuran Mengucapkan Salam Sebelum Berpisah

0
734

BincangSyariah.Com – Di antara adab ketika bertemu dengan orang lain adalah mengucapkan salam terlebih dahulu, baik kepada orang yang kita kenal maupun tidak. Mengucapkan salam ini termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, bahkan termasuk tanda keimanan dan kecintaan kita kepada sesama Muslim.

Anjuran mengucapkan salam ini tidak hanya dianjurkan ketika kita berjumpa dengan orang lain, namun juga dianjurkan ketika kita hendak berpisah. Meski saat berjumpa kita sudah mengucapkan salam, ketika hendak berpisah kita tetap dianjurkan untuk mengucapkan salam.

Dalam kitab Al-Azkar, Imam Nawawi menegaskan anjuran mengucapkan salam ketika hendak berpisah ini. Beliau berkata;

اذا كان جالسا مع قوم ثم قام ليفارقهم فالسنة ان يسلم عليهم

Jika seseorang duduk bersama orang lain, kemudian dia bangun karena hendak berpisah, maka disunnahkan baginya untuk mengucapkan salam padanya.

Anjuran ni berdasarkan hadis riwayat Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إِذَا انْتَهَى أَحَدُكُمْ إِلَى الْمَجْلِسِ فَلْيُسَلِّمْ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ فَلْيُسَلِّمْ فَلَيْسَتِ الأُولَى بِأَحَقَّ مِنَ الآخِرَةِ

Apabila salah seorang di antara kalian sampai di satu majelis, hendaklah ia mengucapkan salam. Lalu apabila ia hendak bangun (meninggalkan majelis), hendaklah ia pun mengucapkan salam. Tidaklah pertama lebih berhak daripada yang terakhir.

Oleh karena itu, berdasarkan hadis ini, Imam Nawawi mengatakan bahwa jika kita hendak berpisah dan kita mengucapkan salam pada teman kita, maka ia wajib menjawab salam kita. Kewajiban menjawab salam ketika hendak berpisah ini sama dengan kewajiban menjawab salam ketika bertemu.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Azkar berkata sebagai berikut;

قلت: ظاهر هذا الحديث انه يجب على الجماعة رد السلام على هذا الذي سلم عليهم وفارقهم

Baca Juga :  Hukum Menjawab Salam dari Anak Kecil

Saya berkata (Imam Nawawi); ‘Teks hadis ini menunjukkan bahwa wajib bagi jamaah menjawab salam atas orang yang mengucapkan salam kepada mereka dan hendak meninggalkan mereka.’ Salam ini diharapkan menjadi doa keselamatan saat berpisah satu sama lain, dan semoga Allah selalu melindungi kita. Wallahu a’lam bis showab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here