Ancaman bagi Pemimpin yang Tidak Mementingkan Rakyat Kecil

0
353

BincangSyariah.Com – Salah satu kriteria pemimpin menurut KH. Ali Musthafa Yakub dalam bukunya Islam is Not Only for Muslim, bahwa pemimpin tidak membeda-bedakan rakyatnya, seorang pemimpin yang baik akan menganggap sama antara rakyat kecil atau orang kaya. Itulah yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Dalam sebuah hadis dikatakan

قال عمرو بن مرة لمعاوية إني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ما من إمام يغلق بابه دون ذوي الحاجة والخلة والمسكنة إلا أغلق الله أبواب السماء دون خلته وحاجته ومسكنته

Amru bin Marrah berkata kepada Muawiyah, “Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Saw bersabda, ‘Tidaklah seorang pemimpin atau seorang penguasa menutup pintunya dari orang-orang yang memiliki kebutuhan, keperluan serta orang-orang fakir, kecuali Allah akan menutup pintu langit dari keperluan, kebutuhan dan hajatnya.'” (HR. Tirmizi)

Hadis di atas, Imam Tirmizi masukkan ke dalam bab yang memuat tentang hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pemimpin dalam sebuah pemerintahan, salah satunya bertanggung jawab atas rakyat yang dipimpinnya.

Menurut Imam Mubarakfuri dalam kitab Tuhfatul Ahwazi Syarh Sunan Tirmizi mengatakan bahwa kata al-haajah, al-khilah dan al-maskanah memiliki arti yang hampir sama, ketiga kata ini disebutkan dalam satu kalimat sebagai penegasan betapa besar ancaman yang akan menanti seorang pemimpin yang tidak menghiraukan rakyatnya yang kesulitan.

Maksud dari kalimat menutup pintu dari  yang membutuhkan adalah jika pemimpin tersebut enggan dan mempersulit rakyatnya untuk bertemu dan mengadu permasalahan yang dihadapi. Hal ini merupakan bentuk terkecil dari tidak mementingkan kepentingan rakyat yang dipimpinnya.

Maka terhadap pemimpin yang seperti itu, jelas Imam Mubarakfuri, Allah akan menjauhkan ia dan mempersulitnya dari perkara duniawi atau akhirat yang dia usahakan seakan-akan tidak ada solusi dari kesulitan yang sedang ia hadapi.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Ini Bahaya Memanjakan Hawa Nafsu


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here