Ambulance Masjid untuk Mengantar Jenazah Non-Muslim, Apakah Boleh?

1
978

BincangSyariah.Com – Saat ini banyak masjid yang memiliki fasilitas umum untuk digunakan warga, seperti mobil ambulance. Tentu fasilitas ini merupakan wakaf dari warga setempat atau hibah dari pemerintah setempat. Tapi apakah boleh menggunakan ambulance masjid  untuk mengantar jenazah non-muslim?

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan, baik kepada non-muslim, utamanya terhadap sesama muslim. Kita tidak dilarang untuk berbuat baik kepada non-muslim dalam bentuk kegiatan interaksi sesama manusia (mu’amalah), termasuk dengan memberi pinjaman kepada mereka, bahkan mengantarkan jenazah mereka dengan barang wakaf, seperti mengantarkan jenazah mereka dengan ambulance wakaf milik masjid.

Menurut para ulama, kita tidak dilarang mewakafkan barang atau benda tertentu kepada non-muslim. Misalnya, mewakafkan rumah untuk digunakan tempat tinggal non-muslim. Ini hukumnya boleh, karena termasuk bagian dari sedekah dan tolong menolong yang dianjurkan dalam Islam.

Begitu juga fasilitas umum yang diwakafkan untuk kepentingan umum, seperti mobil ambulance milik masjid. Ia boleh digunakan untuk mengantar jenazah non-muslim, terutama jika non-muslim masih tersebut warga setempat.

Ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Kifayatut Tanbih fi Syarh Al-Tanbih berikut;

وإن وقف على ذمي جاز؛ لأن الوقف يجري مجرى صدقة التطوع وصدقة التطوع على الذمي جائزة؛ فكذلك الوقف

Jika seseorang mewakafkan pada orang non-muslim, maka hukumnya boleh. Ini karena wakaf termasuk bagian dari sedekah sunnah, dan sedekah sunnah boleh diberikan kepada non-muslim. Begitu juga wakaf (boleh diberikan pada non-muslim).

Dalil yang dijadikan dasar oleh ulama mengenai kebolehan berbuat baik kepada non-muslim, termasuk memberikan atau menggunakan benda wakaf untuk kebutuhan non-muslim, adalah firman Allah dalam surah Al-Mumtahanah: 8,

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Baca Juga :  Cara Menegakkan Amar Makruf Nahi Munkar Menurut Ulama

Allah tidak melarang kalian dari orang-orang yang tidak memerangi kalian karena agama dan tidak pula mengusir kalian dari negeri kalian untuk berbuat baik dan berlaku adil kepada mereka. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

Dalam ayat ini, Allah dengan tegas tidak melarang kepada kita untuk berbuat baik kepada non-muslim selama mereka tidak memerangi kita. Tentu mengantarkan jenazah non-muslim dengan mobil ambulance wakaf termasuk perbuatan baik yang tidak dilarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here