Amalan yang Dapat Mengantarkanmu ke Surga

0
4293

BincangSyariah.Com – Kita semua tentunya ingin masuk surga dan tidak masuk neraka. Oleh karena itu, maka sudah semestinya kita selama di dunia ini melakukan hal-hal yang dapat memasukkan kita ke dalam surga dan tidak melakukan hal-hal yang dapat menjerumuskan kita ke dalam neraka. Lalu apa saja resepnya? Berikut adalah amalan yang dapat mengantarkanmu ke surga dari Nabi saw. yang pernah disampaikan kepada Muadz bin Jabal.

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ قَالَ: كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَأَصْبَحْتُ يَوْمًا قَرِيبًا مِنْهُ وَنَحْنُ نَسِيرُ فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَخْبِرْنِي بِعَمَلٍ يُدْخِلُنِي الجَنَّةَ وَيُبَاعِدُنِي عَنِ النَّارِ، قَالَ: لَقَدْ سَأَلْتَنِي عَنْ عَظِيمٍ، وَإِنَّهُ لَيَسِيرٌ عَلَى مَنْ يَسَّرَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ، تَعْبُدُ اللَّهَ وَلاَ تُشْرِكْ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصُومُ رَمَضَانَ، وَتَحُجُّ البَيْتَ ثُمَّ قَالَ: أَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى أَبْوَابِ الخَيْرِ: الصَّوْمُ جُنَّةٌ، وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَصَلاَةُ الرَّجُلِ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ قَالَ: ثُمَّ تَلاَ {تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ} حَتَّى بَلَغَ {يَعْمَلُونَ} ثُمَّ قَالَ: أَلاَ أُخْبِرُكَ بِرَأْسِ الأَمْرِ كُلِّهِ وَعَمُودِهِ، وَذِرْوَةِ سَنَامِهِ ؟ قُلْتُ: بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ، وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ، وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الجِهَادُ ثُمَّ قَالَ: أَلاَ أُخْبِرُكَ بِمَلاَكِ ذَلِكَ كُلِّهِ ؟ قُلْتُ: بَلَى يَا نَبِيَّ اللهِ فَأَخَذَ بِلِسَانِهِ قَالَ: كُفَّ عَلَيْكَ هَذَا، فَقُلْتُ: يَا نَبِيَّ اللهِ وَإِنَّا لَمُؤَاخَذُونَ بِمَا نَتَكَلَّمُ بِهِ ؟ فَقَالَ: ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ يَا مُعَاذُ وَهَلْ يَكُبُّ النَّاسَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ أَوْ عَلَى مَنَاخِرِهِمْ إِلاَّ حَصَائِدُ أَلْسِنَتِهِمْ.  رواه الترمذي. وقال: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ.

Dari Mu’adz bin Jabal r.a., ia berkata, “Aku pernah berkata, “Wahai Rasulullah, beri tahukan kepadaku amal yang akan memasukkanku ke dalam surga dan menjauhkanku dari neraka.”

Baca Juga :  Tafsir Surah Al-A'raf: 131: Jangan Menyalahkan Orang Lain, Karena Nasib di Tangan Allah

Beliau bersabda, “Engkau bertanya sesuatu yang besar, namun itu menjadi mudah bagi siapa saja yang dimudahkan oleh Allah swt. Engkau harus menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan, dan haji ke Baitullah.”

Kemudian beliau bersabda, “Maukah kamu aku tunjukkan pintu-pintu kebaikan?. Puasa adalah perisai, sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat menghapus api, dan shalat di tengah malam.” Kemudian beliau membaca (surat As-Sajdah ayat 16), “Tatajaafa junuubuhum ‘anil madhaji’….. hingga …… ‘ya’maluun (Lambung-lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan harap-harap cemas).

Kemudian beliau bersabda lagi, “Maukah kamu kuberitahu pokok dari segala urusan, tiangnya, dan puncak tertingginya?” Aku menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Pokok dari segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncak ketinggiannya adalah jihad.”

Kemudian beliau melanjutkan sabdanya, “Maukah kalian kuberitahu kunci dari semua itu?’ Aku menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Beliau lalu menunjukkan lidahnya seraya bersabda, “Jaga ini!” Aku bertanya, “Wahai, Nabi Allah, apakah kita akan disiksa karena ucapan-ucapan kita?”

Beliau bersabda, “Celakalah kamu wahai Mu’adz! Bukankah yang menjerumuskan manusia ke dalam api neraka dengan wajah tersungkur lebih dahulu adalah akibat lidah mereka?” (HR. Tirmidzi, dia mengatakan ini hadis hasan shahih)

Demikian amalan yang dapat mengantarkanmu ke surga dan menghindarkanmu dari neraka. Di mana dalam hadis tersebut, Rasulullah saw. memberikan resepnya dengan cara menjalankan rukun Islam dengan benar dan komplit. Selain itu, untuk menambah amalan kebaikan, Rasulullah saw. juga menganjurkan agar kita berpuasa, bersedekah, dan menjalankan shalat malam. Dan terakhir, Rasulullah saw. mewanti-wanti kita untuk selalu menjaga lidah. Karena banyak sekali orang yang masuk neraka disebabkan oleh lidahnya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Tata Cara Berobat dengan Air Hujan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here