Allah Maha Pengampun Segala Dosa Kecuali Syirik

2
5600

BincangSyariah.Com – Tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa baik disengaja maupun tidak. Baik dosa kecil maupun dosa yang besar. Bahkan ada pula manusia yang sudah terbiasa melakukan dosa-dosa kecil dan terus menerus. Lalu apakah Allah Swt. akan mengampuninya jika ia bertobat? Jawabannya adalah “iya”. Allah Maha pengampun segala dosa sebagaimana Dia firmankan dalam hadis qudsi sebagai berikut.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِيْ وَرَجَوْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيْكَ وَلاَ اُبَالِيْ يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوْبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ وَلاَ اُبَالِيْ يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيْتَنِيْ لاَ تُشْرِكُ بِيْ شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً. (رواه الترمذي)

Dari Anas r.a., ia berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, Allah Swt. berfirman,

“Wahai anak Adam, selama engkau memohon kepada-Ku dan berharap kepada-Ku niscaya Aku ampuni segala dosamu yang telah kamu lakukan dan Aku tidak peduli.

Wahai anak Adam, jika dosamu sampai setinggi langit lalu engkau minta ampun kepada-Ku niscaya Aku ampuni.

Wahai anak Adam, jika engkau datang kepada-Ku dengan membawa kesalahan seluas bumi lalu engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak menyekutukan-Ku sedikitpun, niscaya Aku datang kepadamu dengan ampunan seluas bumi pula.” (H.R. At-Tirmidzi)

Abdul Muhsin dalam kitabnya Fathul Qawi Al-Matin Fi Syarhil Arbain Wa Tatimmatul Khamsin linnawawi wa Ibni Rajab rahimahumallah menyebutkan lima faedah yang dapat kita ambil dari hadis tersebut.

  1. Hadis tersebut menunjukkan kepada kita tentang luasnya anugerah dan ampunan Allah Swt. kepada hambaNya.
  2. Di antara sebab Allah Swt. mau mengampuni dosa-dosa hambaNya adalah karena ia mau berdoa dan berharap kepada Allah Swt. dengan tanpa putus asa.
  3. Keutamaan meminta ampunan kepada Allah Swt. disertai dengan tobat. Dan sungguh Allah Swt. mau mengampuni hambaNya yang meminta ampunan kepadaNya meskipun dosanya banyak sekali.
  4. Menyekutukan Allah Swt. adalah dosa yang tidak akan diampuni, sedangkan dosa selainnya adalah berada pada kuasa Allah Swt.
  5. Keutamaan ikhlas dalam meminta ampunan kepada Allah Swt., dan niscaya Allah akan meleburkan dosa-dosanya.
Baca Juga :  Tafsir Surat Luqman Ayat 33: Hanya Ketakwaan yang Bisa Menolong di Akhirat

Dengan demikian, maka jangan berputus asa kepada ampunan dan rahmat Allah Swt. karena di dalam hadis tersebut, Allah Swt. telah menjamin akan mengampuni segala dosa yang telah dilakukan hambaNya. Meskipun dosanya setinggi langit dan seluas bumi. Selama dosa itu bukan syirik atau menyekutukanNya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

2 KOMENTAR

  1. Komentar: Rasanya tidak ada dosa yang tidak diampuni asalkan hamba itu bertaubat, termasuk dosa syirik.Allahu A’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here