Alasan Doa Tidak Dikabulkan Menurut Imam Ibrahim bin Adham

0
925

BincangSyariah.Com – Doa adalah senjata orang mukmin untuk meminta segala sesuatu kepada Allah swt. Bahkan Allah swt. lah yang menyuruh setiap orang mukmin untuk berdoa atau meminta kepada-Nya. Allah swt. berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.”

Suatu saat, Imam Ibrahim bin Adham r.a. salah satu ulama sufi ditanya oleh jamaahnya. “Apa kesalahan kita, kita sudah berdoa kepada Allah swt., namun Dia tak mau mengabulkannya?” Imam Ibrahim bin Adham r.a. pun berkata,

لانكم عرفتم الرسول فلم تتبعوا سنته وعرفتم القرآن فلم تعلموا به وأكلتم نعمة الله فلم تؤدوا شكرها وعرفتم الجنة فلم تطلبوها وعرفتم النار فلم ترهبوا منها وعرفتم الشيطان فلم تحاربوه ورافقتموه وعرفتم الموت فلم تستعدوا له ودفنتم الاموات فلم تعتبروا بهم وتركتم عيوبكم واشتغلتم بعيوب الناس.

“Karena kalian sudah mengetahui rasul (utusan Allah swt,), tidak kalian ikuti sunnahnya. Kalian telah mengetahui Al-Qur’an, kalian enggan mempelajarinya. Kalian mengkonsumsi nikmat yang telah diberikan Allah, kalian enggan mensyukurinya. Kalian ketahui surga, kalian enggan mencarinya. Kalian mengerti tentang neraka, tapi kalian tidak mau lari darinya. Kalian mengetahui setan, namun kalian enggan memeranginya, malah justru menemaninya. Kalian mengetahui tentang kematian, namun kalian tidak mempersiapkannya. Kalian telah menguburkan orang-orang yang meninggal dunia, namun kalian tidak mau mengambil pelajaran dengannya. Dan kalian tinggalkan (abaikan) aib-aib kalian, dan malah sibuk dengan aib-aib manusia.”

Demikianlah penjelasan imam Ibrahim bin Adham r.a. sebagaimana dikutip oleh imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitabnya Tanqihul Qaul Al-Hatsits fi Syarhi Lubbabil Hadits. Beliau mengingatkan kepada kita bahwa banyak sekali kesalahan-kesalahan yang kita lakukan sehingga hal itu menyebabkan doa kita tidak diijabah oleh Allah swt. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here