Ajakan Islam untuk Menjaga Lingkungan Hidup

0
102

BincangSyariah.com- Beberapa hari ini, kita disuguhin keprihatinan publik terhadap kondisi udara di daerah Sumatera dan Kalimantan. Sebagaimana yang diketahui dan diberitakan di media juga, kondisi udara di dua pulau di Indonesia tersebut dalam kondisi memprihatikan. Sebenarnya bagaimana pandangan Islam melihat kondisi tersebut?

Sebagai makhluk yang diberikan akal oleh Allah Swt, maka menjadi tanggung jawab manusia untuk memperbaiki dan menghargai lingkungan hidup. Di dalam Al-Qur’an, disebutkan bahwa manusia menjadi khalifah (pengganti) Tuhan untuk mengatur dan memakmurkan kehidupan di dunia ini.

Dalam banyak literatur keislaman, salah satu tujuan ditegakkannya syariat Islam adalah untuk menjaga sistem (Hifz al-Nizham) dalam arti bahwa manusia menciptakan sistem dan aturan untuk menjamin kehidupan bersama dan menjadi penengah di antara kerusakan yang ada.

Ali Jum’ah dalam bukunya al-Bi’ah wa al-Hifazhu ‘alaihaa Min Manzhurin Islamiy, menyebutkan bahwa di dalam Islam tidak ada ajaran yang membenarkan perilaku yang merusak alam dan kehidupan ekosistem makhluk hidup. Di dalam Al-Quran disebutkan, bahwa kerusakan terjadi di Bumi dan di Darat oleh Tangan Manusia. kerusakan-kerusakan alam dan lingkungan telah dilakukan oleh umat-umat terdahulu, oleh karenanya Al-Quran menegaskan menjadi tugas kemanusiaan dan tugas setiap insan untuk menjaga lingkungannya dari pengrusakan.

Baca Juga :  Hukum Menjual dan Membeli Kotoran Hewan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here