Air dan Keajaibannya Versi Al-Qur’an

0
576

BincangSyariah.Com –Untuk terus bisa menjaga kesehatan secara alami dan Islami adalah kita harus memperbanyak minur air. Kenapa memperbanyak minum air? Karena air merupakan komponen yang paling banyak dibutuhkan dalam tubuh manusia. Ketika masih janin, kandungan air dalam tubuh hampir seratus persen. Setelah dalam kandungan, tubuh hanya delapan puluh persen airnya.

Kemudian setelah tumbuh dewasa, kandungan air berkurang menajdi tujuh puluh persen. Dan akhirnya menurun hingga titik lima puluh persen ketika sudah lanjut usia. Fenomena tersebut sudah dijelaskan dalam QS Al Furqan ayat 54:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصِهْرًا ۗ وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا

Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa

Para ahli menjelaskan bahwa air merupakan komponen utama sel, jaringan, dan organ manusia. Penurunan total cairan tubuh bisa menyebabkan penurunan volume cairan, baik intrasel maupun ekstrasel, yang dapat berimbas pada kegagalan organ, bahkan kematian.

Dan yang lebih menakjubkan adalah bumi yang kita tenpati ini sekarang ini, komponen terbesarnya adalah air. Terlebih bumi pertiwi kita, Indonesia yang dikenal dengan Negara kepulauan, luasnya lautan tigakali lebih besar daripada daratan. Jauh-jauh sebelum itu, Allah telah menyatakan dalam QS Al Anbiya ayat 30:

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

Bahkan ternyata jauh sebelum kita lahir, Al Qur’an telah memilihkan kita sebuah cairan yang berkualitas baik, yaitu air yang bisa membersikan segala sesuatu. Kala itu waktu perang Badar,Allah menurunkan hujan deras, lalu kaum muslimin bisa minum dan bersuci. Dan Allah pun menghilangkan kotoran-kotoran syaitan dari mereka dan pasir pun menjadi kokoh kuat ketika terkena hujan, manusia bisa berjalan di atasnya, begitu juga binatang-binatang, lalu mereka berjalan mendekati orang-orang musyrik. Maha benar Allah, keberkahan itu termaktub dalam QS Al Anfal ayat 11:

Baca Juga :  Lima Rahasia Kehebatan Zikir kepada Allah

وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْأَقْدَامَ

Dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here