Ahli Makrifat dan Cahaya Tuhan di Muka Bumi

0
1805

BincangSyariah.Com – Imam Ja’far Shadiq  berkata, “Para ahli makrifat itu (jasadnya) berada bersama orang-orang, sedangkan hatinya bersama Allah. Jika hatinya melupakan Allah hanya sekejap  mata saja, ia akan kecewa karena merindukan-Nya.

Ahli makrifat adalah kekasih Allah, penyimpan rahasia-rahasia-Nya, gudang bagi cahaya-cahaya-Nya, bukti belas kasih-Nya kepada ciptaan-Nya, sarana bagi ilmu-ilmu-Nya dan ukuran bagi karunia dan keadilan-Nya.

Ia tidak membutuhkan orang atau suatu tujuan, atau dunia ini. Ia tidak mempunyai kawan dekat kecuali Allah, bersama Allah dan dari Allah. Sebab ia sering mendatangi taman kesucian-Nya dan diperkaya oleh karunia-karunia-Nya yang paling mulia untuknya.

Makrifat adalah sebuah akar dan iman adalah cabangnya” [Mizan al-hikmah 6:162]

Kebanyakan mereka bersembunyi dan menyamar menjadi orang biasa, kadang ada yang jadi petani desa yang lugu. Ada juga yang menjadi pedagang yang jujur, sebagian dari mereka ada yang jualan es.

Mereka hidup sederhana dan tidak menampakkan seorang ahli agama atau ulamak. Pakaiannya seperti orang awam tidak pernah memakai jubah apalagi serban. Tidak suka menceramahi orang lain. Tidak ingin dikenal dan terkenal, serta tidak mencari pengikut

Sebagian dari mereka ada juga berpenampilan seperti orang gila, pakai baju kumal sambil tertawa menyusuri jalan. Walaupun tampilannya seperti orang gila ada satu untuk membedakannya cahaya jiwanya memancar sangat terang.

Orang awam akan kesulitan untuk membedakannya, akan tetapi bagi orang yang mata ghaibnya sudah terbuka atau hati nuraninya sudah terbuka, maka akan dengan mudah melihat cahayanya. Jika orang yang gila cahayanya gelap, sedangkan para ahli makrifat cahaya jiwanya sangat terang benderang. Itulah pelita-pelita  cahaya Allah di bumi.

Jika dalam suatu negara atau daerah tidak ada Cahaya Allah, maka menjadi “gelap” daerah tersebut, dan akan terjadi kerusakan moral dan banyak terjadi bencana.

Baca Juga :  Hukum Membawa Jimat Saat Tes CAT CPNS

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here