Agar Hidup Penuh dengan Kebaikan dan Cinta, Renungi Syair Sufi Ini

1
626

BincangSyariah.Com –Hidup adalah sebuah peta pilihan. Kita diberi pilihan untuk mendesain apa yang kita inginkan. Allah mengerti perjuangan kita sebelum kita pasrahkan semua pilihan kepada-Nya. Jika sebagian orang percaya bahwa hidup ini penuh derita dan cobaan, kenapa kita meminta kepada-Nya untuk terus hidup dengan kebaikan dan cinta?

Syair indah datang dari seoraang sufi asal Persia, Jalaluddin Rumi. Sebuah untaian kata yang jika kita bisa menyelami maknanya, maka akan merubah derita menjadi kebaikan dan cinta. Syair tersebut adalah sebagai  berikut:

Berbuat baiklah

Kepada orang demi Tuhan dan kedamaian hatimu sendiri

Agar selalu kamu lihat apa-apa yang suci

Dan agar kamu bisa selamatkan hatimu

Dari gelap kebencian

Syair tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana cara agar hidup penuh dengan kebaikan dan cinta. Hanya dengan berbuat baik yang ikhlas karena Allah, kita akan memiliki hati yang damai. Kenapa demikian?

Sebab kebaikan tersebut dilipatgandakan oleh Allah. Yang demikian bisa menarik kebaikan-kebaikan lainnya datang bergantian. Hingga akhirnya kedamaian dan cinta kasih terus bersahabat kepadanya.

Dengan memiliki kedamaian dan cinta kasih yang baik, tentu hati kita tidak akan berkawan dengan berbagai ujaran yang mengandung kebencian. Sebab kebencian hanya lair dari hati-hati yang masih gelap. Sehingga yang demikian tidak akan terjadi pada jiwa-jiwa yang sering berbuat baik kepada sesama dan ikhlas karena-Nya.

Masih ingatkah dengan janji indah Allah teruntuk mereka yang berbuat baik? termaktub dalam QS Yunus ayat 26:

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ ولا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.

Ayat tersebut menguatkan kembali bahwa tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula. Disaat kita terbiasa berbuat baik dengan ikhlas karena-Nya, disitulah sebenarnya kita mendesain hidup kita agar penuh kebaikan pula dan cinta.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here