Acara 1000 Hari Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub: Dari Diskusi Sampai Bedah Buku

0
511

BincangSyariah.Com – Mendiang Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub adalah di antara sekian ulama besar di Indonesia. Kemampuannya yang luas di bidang syariah dan hadis, menyebabkan banyak pakar menyebut beliau sebagai Pakar Hadis dari Indonesia. Pada 28 April 2016 lalu, beliau menghembuskan nafas terakhir di usia ke-63 tahun. Kali ini, Pesantren Darus-Sunnah kembali mengadakan acara haul beliau yang ke-3 (1000 hari atas wafat beliau) dengan berbagai macam kegiatan. Ada beberapa acara yang diselenggarakan, misalnya diskusi tematik, bedah buku, bahtsul masail antarmadrasah, sampai khataman Alquran.

Diskusi tematik dilaksanakan pada 27 Februari 2019 (hari ini) dengan tema Melacak Ragam Peranan Perempuan dalam Kerja Periwayatan dan Dialektika Pemahaman Hadis. Acara ini akan diisi oleh Ustzh. Izzah Farhatin Ilmi, salah seorang dosen Darus Sunnah dan Mahasiswa Magister UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara dilaksanakan pukul 16.30 sampai selesai dan terbuka untuk umum, serta dapat ditonton langsung di live Instagram dan Facebook di Darus-Sunnah.

Acara bedah buku akan dilaksanakan pada 3 Maret 2019 mendatang, mulai jam 8.30 sampai 12.00. Buku yang akan dibedah dan di-launching adalah karya Dr. Ahmad Ubaydi Hasbillah, M.Hum. dengan judul Ilmu Living Quran-Hadis: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Pembedah yang akan hadir dalam acara ini adalah K.H. Zia Ul Haramein Ali Mustafa Yaqub, Lc. sendiri selaku Khadim Ma’had dan Rifqi Muhammad Fatkhi, M.A., Kepala Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta. Acara terbuka untuk umum dan ada diskon 30 % untuk pembelian buku di tempat acara.

Bahtsul Masail adalah di antara tradisi yang biasa dilakukan para santri di pondok pesantren. Acaranya berupa diskusi menjawab permasalahan keagamaan dan persoalan kekinian dengan menimba dari kitab kuning. Kali ini, bahtsul masail akan diadakan oleh para santri Madrasah Darus-Sunnah (setingkat MTs-MA) dengan mengundang 45 pondok pesantren se-Jabodetabek.  Acara akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2019 mendatang mulai jam 8.00 – 12.00.

Baca Juga :  Agar Berkah, Jangan Lupa Basmalah di Semua Lini Kehidupan

Khataman Alquran bi al-Ghayb (dengan dihafal) juga akan dilaksanakan untuk menyambut acara haul kali ini. Khataman akan dimulai sejak tanggal 8 hingga 9 Maret 2019 mulai dari jam 8 pagi. Acara juga akan dilaksanakan di Pesantren Darus-Sunnah.

Acara puncak akan dilaksanakan pada 9 Maret 2019, mulai jam 20.00 sampai selesai. Acara yang dilakukan berupa Tahlil Umum dengan mengundang seluruh santri, tokoh masyarakat, alumni Ma’had Darus-Sunnah, dan masyarakat umum. Dalam acara ini, juga akan ada tausiyah yang akan disampaikan oleh Dr. K.H. Manarul Hidayat, M.A., Pengurus Syuriah Nahdatul Ulama.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan dan acara 1000 hari kali ini, dapat menghubungi kanal-kanal media sosial Darus-Sunnah seperti Instagram dan Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here