Manfaat Membaca Salawat untuk Nabi

0
1006

BincangSyariah.Com – Membaca salawat memiliki banyak sekali kemanfaatan. Bacaan salawat pun beragam macamnya. Ada yang singkat bahkan ada yang panjang. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama. Yakni mengirimkan doa dan salam untuk Nabi saw.

Membaca salawat merupakan bagian dari bacaan zikir yang paling utama. Bahkan di dalam Alquran pun sangat jelas tergambarkan bahwa Allah Swt. beserta para malaikat juga bersalawat kepada Nabi saw.

Allah swt. berfirman di dalam surah Al-Ahzab ayat 56

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Terkait bacaan salawat, Imam Syafii memiliki riwayat bacaan salawat di dalam kitabnya Ar-Risalah sebagaimana berikut.

قال الشافعي: أخبرنا ابن عيينة عن ابن أبي نَجيح عن مجاهد في قوله: (ورفعنا لك ذكرك) قال: لا أُذكَرُ إلا ذُكِرتَ معي: أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدًا رسول الله؛ يعني -والله أعلم- ذِكرَه عند الإيمان بالله، والآذان، ويَحتمل ذكرَه عند تلاوة الكتاب، وعند العمل بالطاعة، والوقوف عن المعصية، فصلى الله على نبينا كلما ذكره الذاكرون، وَغَفَل عن ذكره الغافلون، وصلى عليه في الأولين والآخرين، أفضلَ وأكثرَ وأزكى ما صلى على أحد من خلقه.

Imam Syafii berkata: “Ibnu Uyainah telah mengabarkan kepada kami dari Ibnu Abi Najih dari Mujahid tentang firman Allah Swt. “Wa rafa’na laka dzikraka/Dan kami telah mengangkat untukmu, sebutanmu. (Q.S. Al-Insyirah: 4). (Yakni) Allah berfirman Aku tidak akan menyebutmu kecuali engkau disebut bersama (nama)Ku. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

Baca Juga :  Masih Suka Kurang Ajar terhadap Guru? Renungkan Lagi Nasihat Ali bin Abi Thalib

Yakni –hanya Allah yang tahu- penyebutan nama Nabi Muhammad saw., adalah sebagai iman kepada Allah, pengingat, tercakup ketika membaca Alquran, ketika mengamalkan ketaatan dan tidak melakukan kemaksiatan.

Maka, semoga Allah bersalawat (memberikan rahmat) kepada Nabi kita selama orang-orang yang ingat mengingatnya, dan selama orang-orang yang lupa melupakannya. Semoga Allah bersalawat (memberikan rahmat) kepadanya di awal dan akhir. (Salawat) ini lebih utama, lebih banyak dan lebih menyucikan daripada salawatnya seseorang dari makhlukNya.

Imam Al-Khatib Asy-Syarbini di dalam kitab Mughnil Muhtaj Ila Ma’rifah Alfadzil Minhaj berkata:

“Al-Ashbahani berkata: “Aku bermimpi dengan Nabi saw. lalu aku bertanya kepada beliau.” “Wahai Rasulullah, Muhammad bin Idris Asy-Syafii putra pamanmu, apakah engkau memberikan keistimewaan untuknya?” “Iya, aku meminta kepada Tuhanku azza wajalla agar tidak menghisabnya.” Jawab Nabi saw. “Mengapa Wahai Rasulullah?” “Sungguh ia selalu bersalawat kepadaku satu salawat yang tidak ada seorangpun yang bersalawat kepadaku seperti salawatnya.” Aku pun bertanya penasaran, “Salawat apakah itu Wahai Rasulullah?” “Dia selalu bersalawat,

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَك الذَّاكِرُونَ، وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كُلَّمَا غَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الْغَافِلُونَ

Allahumma Salli Ala Muhammad Kullama Dzakakadz Dzaakiruuna, Wa Shalli Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad Kullamaa Ghafala An Dzikrihidz Ghaafiluun

Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Muhammad selama orang-orang yang ingat itu mengingatMu. Dan berikanlah rahmat kepada Muhammad beserta keluarga Muhammad selama orang-orang yang lalai, lalai untuk mengingatnya.

Demikianlah salawat yang selalu dibaca oleh Imam Syafii hingga membuat Nabi saw. meminta kepada Allah swt agar Imam Syafii terbebas dari hisab. Wa Allahu a’lam bis shawab.

(Tulisan ini diterjemahkan dan diolah dari laman resmi Lembaga Fatwa Mesir).



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here