Ustaz Ahong Raih Penghargaan Maarif Award 2020

1
13

BincangSyariah.Com – Ustaz Ahong, pimpinan redaksi Bincang Syariah meraih penghargaan Maarif Award 2020.

Setelah melalui proses selama sepuluh bulan, dewan juri akhirnya menetapkan Ustaz Ahong yang memiliki nama lengkap Ibnu Kharis ini sebagai penerima Maarif Award 2020.

Melalui situs Bincang Syariah, Ustaz Ahong aktif menyebarkan dakwah Islam moderat terutama untuk menyasar anak muda dan kelompok masyarakat perkotaan.

Proses panjang ini telah dilalui oleh dewan juri Maarif Award 2020 yang beranggotakan Clara Joewono, Rhenald Kasali, Gomar Gultom, Nezar Patria dan Tafsir.

Melalui proses persidangan dan investigasi yang ketat akhirnya dewan juri memberikan Maarif Award 2020 kepada Ustaz Ahong, seorang Ustaz muda yang aktif melakukan dakwah dalam medium digital.

“Ibnu Kharish ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh situs-situs Islam yang lain. Ibnu Kharish berhasil menerabas sekat golongan-madzhab dan langsung ke pokok utama yaitu bincang syariah.” Demikian penjelasan Nezar Patria, Dewan Juri Maarif Award 2020.

Ia menambahkan, “inilah yang banyak dicari oleh kelompok-kelompok muda yang tumbuh di masa keberlimpahan informasi, Bincang Syariah mempunyai narasi yang berbeda dan bisa memenuhi kebutuhan para pencari informasi khususnya anak muda.”

Dewan Juri yang lain, Clara Joewono, mengatakan yang sama. “Apresiasi pada upaya-upaya dakwah digital dengan perhatian pada moderatisme keagamaan sangat sejalan dengan visi besar Buya Syafii Maarif yang menekankan pada aspek Keislaman, Keindonesiaan dan Kemanusiaan.”

Tahun 2020 adalah tahun yang luar biasa bagi Indonesia. Situasi politik nasional pasca Pemilu dan Pilpres 2019 telah membawa polarisasi publik yang begitu nyata dan ditambah dengan munculnya pandemi Covid-19 yang menggerus rasa kemanusiaan kita sebagai bangsa.

Oleh karenanya, tahun 2020 adalah momentum rekonsiliasi nasional untuk menyatukan kembali Indonesia sebagai semangat kebersamaan dan kebinekaan dalam menghadapi bencana sosial ini. Pada konteks inilah, Maarif Institute kembali menggelar program Maarif Award 2020.

Baca Juga :  Pemerintah Repulik Indonesia: Calon Jemaah Haji 2020 Batal Diberangkatkan

Program dua tahunan yang bertujuan untuk mengangkat model-model keteladanan dan kepemimpinan lokal dengan komitmen terhadap nilai-nilai kebinekaan, anti kekerasan, dan anti diskriminasi. Maarif Award ini merupakan ikhtiar menemukan pribadi-pribadi penggerak dan tangguh yang berjuang untuk kemanusiaan di tingkat akar rumput.

Penganugerahan Maarif Award 2020 digelar pada Jumat 13 Nopember 2020 di Grand Studio Metro TV di bilangan Kedoya, Jakarta Barat. Dalam kesempatan ini sejumlah tokoh nasional dijadwalkan akan hadir. Penyelenggaran Maarif Award 2020 ini akan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat.

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Maarif Award 2020 akan dihadiri oleh kalangan terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Meski demikian, publik akan tetap turut menyaksikannya dalam penanyangan di Metro TV sekitar awal bulan Desember mendatang.” Tutup Abd. Rohim Ghazali.[] (Baca: Toleransi Merupakan Gerbang Kemenangan)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here