Untuk Meningkatkan Literasi Musik, Komuji Indonesia Adakan Revoclution 1.0., Yuk Cari Tahu Apa Aja Kegiatannya ! 

0
619

BincangSyariah.Com –Indonesia – khususnya pihak pemerintahnya – yang akan mengalami bonus demografi ini, belum memperhatikan secara serius pengembangan musik di Indonesia sebagai sebuah industry. Padahal, secara hitung-hitungan ekonomi, menurut Direktur Asosiasi Penerbit Musik Indonesia, Irfan Aulia Arsal, diperkirakan Indonesia memiliki potensi keuntungan US $ 1 Miliar, dengan menggunakan asumsi orang Indonesia semua melakukan subskripsi (subscription) yang seharga US $ 7. Sementara, 175 juta dari 260 juta warga Indonesia saat ini sudah menggunakan internet, dan 85 % dari pengguna internet adalah konsumen musik digital.

Potensi ekonomi memang berbicara demikian. Namun industri musik satu sisi belum mendapatkan perhatian penuh karena masih ada sejumlah stigma negatif yang muncul juga di masyarakat. Stigma itu berkembang di masyarakat memang tidak terlepas dari kenyataan banyak dari industri musik memang dekat hal-hal berikut, semisal seks bebas, drugs, alkohol, aktivitas yang hedon. Ini ditambah lagi lewat legitimasi dari penafsiran terhadap ajaran agama bahwa permainan musik seluruhnya haram. Itu semua sebenarnya menunjukkan kalau literasi masyarakat terhadap musik ini juga masih rendah, dan stigma masyarakat juga masih tinggi.

Road to Revoclution

Berangkat dari hal tersebut, Komunitas Musisi Mengaji (Komuji) Indonesia berinisiatif mengadakan acara bernama Revoclution 1.0. Acaranya terdiri atas tiga unsur, Road to Revoclution ; Revoclution Class ; dan Recvolution Fest. Acara terdekat yang akan dilaksanakan adalah Road to Revoclution.

Road to Revoclution 1.0. ini intinya adalah melakukan talkshow bernama Music Talk. Tema yang dibicarakan adalah penjelasan perkembangan industri musik saat ini, lalu bagaimana music bisa membawa perubahan dan memberikan peluang. Selain itu, acara ini juga akan diisi dengan sample workshop pembuatan lirik. Acara akan dilaksanakan besok pada 12 Desember  2019, mulai jam 12.00 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pengisi acara adalah Panji Sakti, Dhira Bongs, dan akan dipandu host Alga The Panasdalam.

Baca Juga :  Mengubah Cara Kita Memandang Atribut Keagamaan

Bagi yang ingin hadir ke acara ini, kesempatan untuk pendaftaran masih terbuka dengan daftar disini, atau datang langsung ke tempat acara di UPI Bandung. Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut terkait dengan acara ini dapat DM akun Instagram @komuji_indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here