Universitas Muhammadiyah Malang Raih Peringkat Pertama Universitas Islam Terbaik di Dunia

0
19

BincangSyariah.Com – Kabar baik datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil meraih peringkat pertama dalam 10 besar Top Islamic University versi UniRank. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia, terutama Persyarikatan Muhammadiyah yang memang memiliki fokus dalam beberapa bidang, salah satunya pendidikan.

Apresiasi dari Para Tokoh

Terkait prestasi tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Fauzan, M.Pd. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para sivitas akademika yang memiliki semangat untuk terus berkarya dan menjadikan UMM lebih baik dari hari ke hari. “Terima kasih kepada semua sivitas akademika yang telah bekerja keras hingga UMM mampu terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata dia.

Apresiasi juga datang dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, Nadiem Makarim, terkait prestasi yang berhasil diraih oleh UMM. Dia menyampaikan apresiasinya untuk UMM yang meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank dalam rilis berbentuk video singkat yang disampaikan di UMM pada Sabtu (27/02/2021).

Dalam video tersebut, Nadiem menyatakan, “Saya ucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank. “Universitas Muhammadiyah Malang peringkat I, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringkat IV, serta Universitas Muhammadiyah Surakarta pada peringkat VIII.” Lanjut dia.

Nadiem berharap prestasi UMM tersebut bisa menjadi semangat untuk seluruh universitas Muhammadiyah agar terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa serta membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia. “Selamat dan sukses pada perguruan tinggi Muhammadiyah. Semoga tetap konsisten dalam memajukan pendidikan Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas secara kompetensi dan pendidikan karakter. Maju terus pendidikan tinggi Muhammadiyah,” kata dia.

Prof. Dr. Syamsul Arifin selaku Wakil Rektor I UMM menyampaikan bahwa capaian yang diraih tersebut adalah langkah mantap kampus putih untuk meraih rekognisi secara internasional sebagai upaya mewujudkan Visi UMM 2030.

“Tentu ini akan menjadi pemicu, menjadi trigger dan energi positif bagi sivitas akademika UMM untuk terus meningkatkan capaian-capaian internasional. Kita memang telah mematok visi UMM pada 2030, UMM mendapatkan international recognition, pengakuan internasional dari berbagai lembaga pemeringkat, baik sertifikasi maupun akreditasi,” kata dia.

Sejarah Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada 1964 di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah. Meraih akreditasi A (BAN-PT 2017), kampus dengan slogan “Dari Muhammadiyah untuk Bangsa” ini memiliki 10 fakultas dengan 60 program studi. Program studi terdiri dari Program Diploma III, Strata 1, Sarjana, Doktor, dan Program Profesi. Melalui semangat berkemajuan yang hidup diseluruh sivitas akademika, atmosfir belajar dibangun.

Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta), yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan Akta Notaris R. Sudiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akta ini kemudian diperbaharui dengan Akta Notaris G. Kamarudzaman No. 7 Tanggal 6 Juni 1975, dan diperbaharui lagi dengan Akta Notaris Kumalasari, S.H. No. 026 tanggal 24 November 1988 dan didaftar pada Pengadilan Malang Negeri No. 88/PP/YYS/ XI/ 1988 tanggal 28 November 1988.

Pada tahun 1968, Universitas Muhammadiyah Malang menambah fakultas baru, yaitu Fakultas Kesejahteraan Sosial yang merupakan fi‘lial dari Fakultas Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan demikian, pada saat itu Universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki empat fakultas. Selain itu, FKIP Jurusan Pendidikan Agama mendaftarkan diri sebagai Fakultas Agama yang berada dalam naungan Departemen Agama dengan nama Fakultas Tarbiyah.

Pada tahun 1970 Fakultas Tarbiyah ini mendapatkan status yang sama dengan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN), dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 50 Tahun 1970. Pada tahun ini pula Fakultas Kesejahteraan Sosial mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial. Kemudian pada tahun 1975 Fakultas ini resmi berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta) dengan Surat Keputusan Terdaftar Nomor 022 A/1/1975 tanggal 16 April 1975.

Pada 1977, Fakultas Teknik kemudian ditambahkan dan pada 1980 dibuka pula Fakultas Pertanian, lalu menyusul Fakultas Peternakan. Antara 1983 sampai dengan 1993, ditambahkan jurusan-jurusan baru dan ditingkatkan status jurusan-jurusan yang suudah ada. Terakhir, pada 1993, Universitas Muhammadiyah Malang membuka Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen dan Magister Sosiologi Pedesaan.

Perkembangan yang paling berarti di Universitas Muhammadiyah Malang dimulai pada 1983-an. Sejak saat itu dan seterusnya, UMM mencatat perkembangan yang sangat mengesankan, baik dalam bidang peningkatan status jurusan, dalam pembenahan administrasi, penambahan sarana dan fasilitas kampus, penambahan dan peningkatan kualitas tenaga pengelolanya baik administrasi maupun akademik.

Tahun 2009, UMM menggabungkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian. Usaha tersebut dilakukan agar pendidikan di Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dengan universitas kelas dunia.

Menjadi Universitas Islam Terbaik

UMM memiliki tujuan mencetak generasi muda penerus bangsa Indonesia yang tak hanya dibentuk menjadi pribadi unggul, namun juga siap memberi kontribusi positif bagi dunia. Pemeringkatan Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank ini didasarkan pada beberapa kriteria. Salah satunya adalah akreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di negara bersangkutan.

Universitas juga mesti menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral) serta melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh.

Urutan 10 Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank adalah Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia), Iran University of Science and Technology (Iran), Cairo University (Mesir), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia).

Urutan berikutnya adalah Umm Al-Qura University (Saudi Arabia), Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran), Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia), Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia), dan Universitas Islam Indonesia (Indonesia).

Kampus UMM terbagi menjadi tiga kampus. Kampus pertama atau Kampus I berada di Jl. Bandung No. 1 Malang. Kampus kedua atau Kampus II berada di Jl. Bendungan Sutami 188A Malang. Kampus ketiga atau Kampus III berada di Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Kampus satu adalah cikal-bakal UMM yang saat ini dikonsentrasikan untuk S1 Fisioterapi. Sementara itu, kampus II yang dulu adalah pusat kegiatan utama yang saat ini dikonsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Terakhir, Kampus III dijadikan sebagai kampus terpadu yang menjadi pusat dari seluruh aktivitas.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi “A” dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013. UMM berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. UMM yang berdiri pada 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur.

UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih. UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur.

Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu berkomitmen dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi

Saat ini, Universitas Muhammadiyah Malang memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Ketiga fakultas tersebut Terdaftar di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.[]

(Baca: Universitas King Abdulaziz, Salah Satu Universitas Terbaik Dunia)

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here