Tetap Ngaji #Dirumahaja, Ini Daftar Ngaji Online Versi BincangSyariah.Com

0
1403

BincangSyariah.Com – Sejumlah ustadz, kyai, kini menyiarkan pengajiannya sendiri secara online dalam berbagai platform seperti Facebook, Instagram, sampai Youtube. Hal ini dilakukan seiring dengan kebijakan Pemerintah Indonesia untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat Pandemi Covid-19. Hampir semua Pondok Pesantren di berbagai daerah memulangkan santrinya sebagai dukungan terhadap kebijakan Physical Distancing untuk menghindari penyebaran virus. Walhasil, sejumlah kyai di Pesantren yang biasanya melaksanakan pengajian yang disebut dengan Pengajian Pasaran selama Ramadan (pengajian membaca sejumlah kitab yang ditarget khatam selama 2-3 minggu di bulan Ramadan) menyiarkan pengajiannya baik lewat live streaming maupun diunggah di Youtube.

  1. Ngaji bersama K.H. Ahmad Mustofa Bisri/Gus Mus

Pengajian pasaran bersama Gus Mus disiarkan secara langsung lewat akun Youtube beliau yag bernama Gus Mus Channel. Sebenarnya, sejak sebelum adanya Pandemi Covid-19 tersebut, Gus Mus Channel tetap melakukan live streaming pengajian Gus Mus, baik di bulan Ramadan atau tidak. Untuk Ramadan 1441 H/2020 M kali ini, Gus Mus akan mengaji tiga kitab berbeda setelah Subuh, Setelah Ashar, dan Setelah Shalat Tarawih (mengikuti waktu Shalat untuk wilayah Rembang dan sekitarnya). Setelah Shubuh, beliau membaca kitab al-Burdah karya Imam al-Bushiri; setelah Ashar membaca Al-Arba’in an-Nawawiyah (Hadis Arba’in karya Imam An-Nawawi); dan setelah shalat Tarawih membaca kitab Akhlaq al-Muslim wa ‘Alaaqatuhu bi al-Mujtama’ karya Syaikh Wahbah Az-Zuhaili.

Selain itu, di Gus Mus Channel juga disiarkan live pengajian kitab Minhaj al-‘Aabidin karya Imam al-Ghazali yang diampu oleh Gus Yahya Cholis Staquf, keponakan Gus Mus (Katib ‘Am PBNU) dan waktunya setelah pengajian Akhlaq al-Muslim Gus Mus.

  1. Ngaji bersama Masyayikh Pesantren Lirboyo

Pengajian Ramadan juga tetap dilakukan di Pesantren Lirboyo. Sejumlah kitab dibacakan oleh para Kyai dan disiarkan secara live streaming di akun resmi Youtube Pesantren Lirboyo di waktu-waktu setelah shalat (waktu shalat wilayah Kediri dan sekitarnya). Kyai yang pengajian pasaran-nya disiarkan adalah pengajian K.H. Anwar Manshur dan K.H. Abdulloh Kafabihi Mahrus. Pengajian K.H. Anwar Manshur (masyhur disapa Mbah War) dilakukan di waktu Dhuha (jam 7.00) dengan kitab al-Adzkar (kumpulan keutamaan dan bacaan zikir) karya Imam An-Nawawi; setelah Ashar kitab Dalail al-Khayraat; dan setelah Tarawih kitab Syarh Ta’lim al-Muta’allim (kitab tentang etika belajar dan adab Guru dan Murid).

  1. Kultum dan Pengajian Tafsir al-Ustadz Quraish Shihab
Baca Juga :  Hasil Bahsul Masail PBNU; Ini Cara Memandikan Jenazah Pasien Covid-19

Pengajian Tafsir dan Ceramah Ramadan ulama tafsir kondang, al-Ustadz M. Quraish Shihab juga bisa disimak di akun Youtube. Untuk Kultum Ramadan, ceramah beliau bisa disimak di akun Narasi Tv yang dikelola dan dipandu oleh putri beliau sendiri, Najwa Shihab dalam acara Shihab & Shihab. Sementara pengajian tafsirnya dapat disimak setiap harinya di channel Youtube beliau, Quraish Shihab yang dipandu oleh putri pertama beliau, Najeela Shihab. Pada Ramadan kali ini, Tafsir yang dibaca adalah surah At-Thur. Kita tahu di tahun-tahun sebelumnya, pengajian tafsirnya juga disiarkan tiap ramadan dalam acara Tafsir al-Misbah yang disiarkan di salah satu televisi swasta.

  1. Ngaji bersama Gus Ulil Abshar Abdalla

Pengajian ramadan juga digelar oleh Gus Ulil Abshar Abdalla yang disiarkan secara live di akun Facebook pribadi beliau setiap hari setiap pukul 21.00. Kitab yang dibaca adalah kitab Ihya’ ‘Ulumuddin dan al-Munqidz min ad-Dholal. Untuk pengajian Ihya’, kita tahu pengajian ini telah lama digelar sehingga ada acara bernama Ngaji Ihya’ Gus Ulil dan Kopdar Ngaji Ihya’. Untuk yang terakhir adalah pengajian Ihya’ ‘Ulumuddin yang digelar di berbagai daerah yang mengundang beliau.

5. Pengajian Hadis Arbain BincangMuslimah.Com

Pengajian Hadis Arba’in juga dilakukan oleh Bincangmuslimah.com, website lini perempuan yang dikembangkan dari bincangsyariah.com. Pengajian disiarkan via akun Instagram setelah shalat Tarawih (jam 20.30) yang diampu oleh Ustz. Annisa Nurul Hasanah, S.Ud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here