Syekh Adnan dari Suriah Wafat Karena Ledakan Bom

0
14

BincangSyariah.Com – Kantor berita CNN Arab mewartakan bahwa Syekh Adnan dari Suriah atau Syekh Muhammad Adnan Al Afyouni, Mufti Damaskus tewas terbunuh. Beliau tewas dalam ledakan bom mobil di dekat ibu kota negara Suriah.

Beliau ditemukan tewas di kota kecil Qudsaya, dekat Damaskus pada Kamis malam waktu setempat. Kantor berita SANA melaporkan ada alat peledak yang dipasang di dalam mobilnya.

Syekh Adnan dikenal sebagai satu dari ulama Islam paling menonjol di Suriah. Dia kerap menggelar acara keagamaan dan bersanding dengan pemerintahan Presiden Bashar Al Assad.

Pada Milad Nabi Muhammad tahun lalu, Syekh Adnan mengungkap kecamannya terhadap terorisme dan berdoa untuk pemerintah dan tentara Suriah.

Meski perang dan pemberontakan di Suriah sudah ada semenjak hampir satu dekade, tapi pembunuhan ulama Sunni merupakan salah satu pembunuhan paling terkenal yang menimpa pemimpin agama.

Hal ini bermula sejak seorang pelaku bom bunuh diri telah menewaskan lebih dari dua lusin orang dalam sebuah masjid pada 2013. Peristiwa bom bunuh diri tersebut menewaskan Syekh Al-Bouthi.

Syekh Adnan adalah ulama yang lahir di Damaskus pada 1954. Beliau dikenal sebagai ulama sekaligus anggota dewan hukum ilmiah di Kementerian Wakaf. Ia juga merupakan seorang mufti di daerahnya.

Selain itu semua, ia juga menjadi pengawas umum dari Pusat Islam Internasional Al Sham. Tugas pengawas umum dalam lembaga tersebut adalah orang yang melawan aksi terorisme dan pemikiran terorisme.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh M. Najih Arromadloni, Sekretaris Jenderal dari organisasi Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami). “Iya benar,” ujarnya mengonfirmasi pada Jumat (23/10) kepada NU Online.

Penyebab almarhum wafat adalah saat dalam sebuah perjalanan, mobilnya tiba-tiba meledak karena dipasang sebuah bom. Almarhum pun wafat dalam perjalanan di Qudsia, pinggiran Damaskus tersebut. (Baca: Radikalisme: Antara Suriah dan Indonesia)

Baca Juga :  Kritik Hadis Penduduk Syam Akan Selalu Menang

Syekh Adnan dari Suriah merupakan sosok ulama yang memiliki peran penting dalam proses rekonsiliasi konflik di Suriah. Gus Najih berkata, “Beliaulah ulama yang turun langsung meng-ishlah-kan pihak-pihak yang bertikai,”

Syekh Adnan juga merupakan ulama yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dan oposisi. Hal tersebut dikarenakan integritasnya yang tinggi. Syekh Adnan dari Suriah juga termasuk salah satu ulama yang sangat dekat dengan umat Islam Indonesia.

Syekh Adnan tercatat memiliki ratusan murid di Indonesia. Beliau telah melakukan serangkaian puluhan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan tersebut berlangsung pada masa karirnya menjadi mufti di Provinsi Damaskus.

Wajar jika ia kemudian memiliki kedekatan dengan ulama-ulama Indonesia, terutama Maulana  Habib Luthfi bin Yahya, Anggota Wantimpres RI dan Rais ‘Aam Jam’iyah Ahlith Thariqah al-Mutabarah al-Nahdliyah

Syekh Adnan dai Suriah juga tercatat sebagai ulama yang memimpin rapat pemilihan Maulana Habib Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Forum Sufi Dunia yang berlangsung di Pekalongan, Jawa Tengah pada April 2019. Beliau juga pernah mengadakan Konferensi Internasional bertajuk Bela Negara pada 2016 di Pekalongan.

Innalillahi wa innaa ilaihi rajiun. Semoga, amal ibadah beliau semasa hidup di dunia diterima oleh Allah Swt. Aamiin.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here