Puluhan Pemuda Gereja Bantu Amankan Pelaksanaan Tarawih di Papua

0
74

BincangSyariah.Com – Pada malam tarawih pertama (5/5) di Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua, Puluhan pemuda gereja ikut membantu mengamankan pelaksanaan shalat tarawih yang dilakukan umat muslim di sejumlah masjid.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, Papua merupakan provinsi ketiga terbesar daerah dengan mayoritas penduduk Kristen terbanyak. Persentase penduduk Kristen di provinsi tersebut mencapai 65,48 persen dari total keseluruhan populasi Kristen di Indonesia. Di Indonesia sendiri, populasi Kristen Protestan mencapai  16.528.513 jiwa dan Katolik 6.907.873 jiwa.

“Dalam Ramadhan kali ini pengamanan masjid juga melibatkan pemuda gereja dan karang taruna,” ujar Iptu J Maryen, Kanit Binmas Polsek Mimika Timur Aiptu Lalu Hiskam A. Pejabat sementara Kapolsek Mimika Timur yang mengkoordinasi pengamanan.

Setidaknya terdapat 21 pemuda yang dilibatkan ikut mengamankan pelaksanaan shalat tarawih selama bulan Ramadhan ini. Para pemuda tersebut berasal dari Mudika Gereja Katolik Mapurujaya, Persekutuan Angkatan Muda GKI Solafide Mapurujaya, dan Karang Taruna Mapurujaya.

Sementara sejumlah masjid yang diamankan agar umat muslim dapat melaksanakan shalat tarawih dengan tenang selama bulan suci Ramadhan 1440 H. Di antaranya Masjid Jabal Nur di Kampung Kaugapu, Masjid Al Ma’rifat, dan Masjid Pondok Pesantren Darussalam.

Menurut Iptu Maryen, keterlibatan pemuda gereja dan karang taruna dalam pengamanan ini sebagai bukti nyata bahwa masyarakat di Indonesia memiliki rasa toleransi beragama sangat tinggi.

Sebab, sebelumnya pada hari raya paskah, pemuda masjid juga ikut membantu mengamankan umat kristriani menjalankan ibadah paskah.

“Kami sangat senang dan bahagia dengan antusiasnya pemuda gereja dan karang taruna ikut serta dalam pengamanan masjid. Ini bukti nyata bahwa kita betul-betul toleransi dalam kehidupan agama,” pungkas Iptu Maryen sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga :  Wajah Baru Yahudi yang Islami


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here