Presiden Jokowi Ucapkan Belasungkawa untuk K.H. Maimoen Zubair

1
96

BincangSyariah.Com – Presiden Jokowi mengucapkan belasungkawa atas kepulangan K.H. Maimoen Zubair. Orang nomer satu di Indonesia itu, turut berduka mendengar berita duka yang datang dari Makkah.

“Dan hari ini, kita mendengar kabar duka, Mbah Moen berpulang ke hadirat Allah SWT di Makkah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama keluarga dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam. Presiden Jokowi berharap semoga Allah SWT memberinya tempat yang lapang di sisiNya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan,” “ucap Presiden Jokowi lewat akun resminya.

Seperti diberitakan, Kiai yang akrab disapa Mbak Moen itu, telah meninggal selasa subuh (06/08/19) pukul 04.17 waktu setempat. Beliau tutup usia di umur 90 tahun.

Kepergian ulama nasionalis tersebut, menurut Jokowi, merupakan kehilangan yang sangat mendalam bagi Indonesia. Sebagaimana diketahui, Mbah Moen adalah sosok ulama yang menyejukkan.

Semasa hidupnya yang panjang, Mbah Moen begitu karismatik, selalu jadi rujukan bagi umat Islam terutama dalam soal-soal fikih. Juga kegigihan almarhum dalam menyampaikan masalah “NKRI harga mati”.

“Kepergian Mbah Moen tidak saja sebuah kehilangan besar bagi saya dan keluarga besar Pondok Pesantren Al Anwar Rembang, Jawa Tengah, tapi juga umat Islam dan seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Bagi Presiden Jokowi, sosok Mbah Maimoen menorehkan kenangan tersendiri baginya. Karena itu sampai saat ini, ia masih menyimpan sorban hijau pemberian Mbah Maimoen waktu berkunjung ke kediaman Pengasuh Pondok Pesantren al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Timur.

“Saya masih menyimpan sorban hijau ini — sorban yang dikalungkan sendiri oleh Kiai Haji Maimun Zubair,” tulis Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi diketahui telah dua kali berkunjung ke kediaman beliau di Pondok Pesantren Al-Anwar di Sarang. Di setiap kunjungannya, Kiai karismatik tersebut menerimanya dengan tangan terbuka. Dua kali pula ia diajak masuk ke kamar beliau. Terakhir, mereka salat Magrib berjamaah di kamar itu. Beliau yang jadi imamnya.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here