PCINU Tiongkok Usulkan Relasi Indonesia-Tiongkok Masuk Tema Debat Capres

0
101

BincangSyariah.Com – Isu relasi Indonesia-Tiongkok beberapa waktu terakhir ini seringkali diperbincangkan dengan cukup panas dan acapkali menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Jelang pemilihan umum yang kurang dari tiga minggu lagi, isu relasi Indonesia-Tiongkok yang dianggap “kurang sehat” akan terus menjadi bahan kampanye baik oleh para politisi yang akan bersaing untuk menduduki jabatan di pemerintahan, dan akan menjadi tonton rakyat yang mendengar dan menyaksikan para politisi itu saling beradu argumen.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) Tiongkok berinisiatif mengajukan usulan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memasukkan relasi Indonesia-Tiongkok ke dalam tema debat Capres ke-4.

Debat akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019 mendatang di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Beberapa isu yang akan menjadi bahan debat adalah soal ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Rombongan dipimpin langsung oleh H. Imron Rosyadi, M.Si. menemui pihak KPU pada 26 Januari 2019 lalu.

Diantara rekomendasi yang diajukan adalah, pertama, dalam isu hubungan Indonesia-Tiongkok telah muncul pemberitaan dan informasi yang manipulatif bahkan insinuatif yang bisa merugikan hubungan kedua negara termasuk menganggu kondisi psikologis mahasiswa dan pelajar kita yang sedang belajar di Tiongkok.

Kedua, rakyat Indonesia perlu mengetahui visi dan misi para Capres secara utuh sehingga terhindar dari upaya-upaya pihak tertentu yang ingin menggunakan isu yang berkaitan dengan hubungan Indonesia-Tiongkok untuk memecahbelah sesama anak bangsa.

Baca Juga :  Rahmah El-Yunusiyah; Santriwati Pengagas Sekolah Perempuan Pertama di Nusantara


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here