Kasus Corona di Malaysia Jadi Tertinggi di Asia Tenggara Setelah Tabligh Akbar

0
2402

BincangSyariah.Com – Malaysia melaporkan 190 kasus virus corona baru pada hari Minggu (15/03/20), kasus tersebut melonjak setelah perhelatan tabligh akbar di sebuah masjid yang dihadiri oleh 16.000 orang dari beberapa negara.

Kasus-kasus baru tersebut menyebabkan jumlah total infeksi virus corona di negara itu melonjak menjadi 428, menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan Malaysia, hal ini menjadikan Malaysia sebagai negara yang paling parah terkena dampak di Asia Tenggara.

“Berdasarkan investigasi awal, sebagian besar kasus baru ini terkait dengan perkumpulan yang melibatkan pertemuan tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling,” kata Menteri Kesehatan Datuk Seri Dr Adham Baba, dilansir dari laman reuterus.com.

Setidaknya sebanyak 243 kasus telah dipastikan terkait dengan pertemuan tabligh akbar di masjid tersebut dengan 9 kasus sakit kritis dalam perawatan intensif. Sementara itu, semua peserta yang ditelusuri terkena kontak dekat mereka akan ditempatkan di bawah karantina wajib selama 14 hari.

Menurut keterangan Otoritas Kesehatan Malaysia, sekitar 14.500 warga Malaysia dan 1.500 warga asing menghadiri tabligh abkar antara 27 Februari dan 1 Maret di sebuah masjid di dekat Kuala Lumpur tersebut.

Dengan kasus-kasus baru, penghitungan mereka yang terkena dampak Covid-19 di Malaysia telah meningkat menjadi 428 orang. Dari total, 42 telah dinyatakan sembuh. Sementara 9 pasien berada di unit perawatan intensif (ICU) di rumah sakit dan membutuhkan bantuan pernapasan.

“Ini merupakan peningkatan dari lima pasien ICU pada hari Sabtu,” jelas Dr. Adham sebagaimana dilansir dari straitstimes.com.

Dr Adham mengatakan, untuk menangani lonjakan tajam kasus virus corona tersebut, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin telah direncanakan bertemu dengan Menteri kesehatan dan Pertahanan pada hari Senin kemarin untuk membahas langkah-langkah lebih lanjut untuk mengatasi pandemi baru tersebut.

Baca Juga :  Benarkah Berkumpul untuk Acara Keagamaan saat Terjadi Wabah Itu Bid'ah? Ini Penjelasan Ibnu Hajar

Tidak hanya di Malaysia, kabarnya di negara tetangga Brunei kasus corona juga bertambah 45 dari total 50 kasus yang juga telah dipastikan bertambah setelah pertemuan tabligh akbar yang diselenggarakan di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here