Kajian Rumahan; Memahami Sifat Rahman dan Rahim Allah Serta Mengamalkannya

0
761

BincangSyariah.Com – Menurut Ustad Taufiqurahman, Dekan Fakultas Dakwah PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an) Jakarta, Rahman dan Rahim menjadi kerangka utama kehendak Allah, baik itu disukai ataupun tidak disukai manusia. Namun demikian, Rahman dan Rahim tidak menghilangkan sifat tegas Tuhan. Manusia juga tetap harus berprasangka baik kepada Tuhan atas segala kehendakNya.

“Rahman dan Rahim adalah “merek utama” Allah, maka kemudian dijadikan basmalah itu mengandung Rahman dan Rahim,” ujar alumni Pondok Pesantren Al-Hikmah Benda, Brebes, Jawa Tengah itu, dalam acara Kajian Rumahan yang diadakan rutin di Bintaro.

Selaras dengan kalimat pembuka Bismillahirrahmanirrahim. Rahmatan lil ‘alamin tidak sebatas alam dunia yang kasat mata saja, namun juga alam akhirat atau dimensi lain yang tidak kasat mata, atau kemungkinan-kemungkinan dimensi lain.

“Rahman dan Rahim adalah ‘akhlak utama’ Allah, sehingga kita sebagai hamba harus meneladani akhlak ini. Sebab rahmat untuk semesta alam, adalah menciptakan kedamaian dan ketenteraman di muka bumi. ” jelasnya.

Sifat utama ini yang kemudian harus diteruskan oleh Nabi Muhammad SAW melalui risalahnya kepada kita semua. Sehingga Islam sebagai rahmat (kasih sayang) bagi semesta alam, termasuk di antaranya kedamaian, keselamatan, kasih, cinta, dan kemudahan.

Dicontohkan Nabi bahwa kasih Nabi begitu luas, bahkan kepada hewan dan benda mati (contoh: benda kesayangan Nabi seperti sorban dan pedang, serta unta kesayangan Nabi, diberikan nama). Apalagi kepada sesama manusia, baik seagama maupun tidak. Balas perbuatan orang lain dengan balasan yang lebih baik

Sebagai informasi, Kajian Rumahan adalah kajian keislaman dengan konsep homey yang diinisisi oleh masyarakat urban di suatu kompleks perumahan di kawasan Bintaro, yang bekerjasama dengan cariustadz.id, platform layanan untuk mencari ustadz yang dikelola oleh Yayasan Pusat Study Quran (PSQ) asuhan Prof. Quraish Shihab. Platform ini diluncurkan guna memudahkan masyarakat urban dan perkotaan mencari ustadz yang kompeten dan ramah untuk beragam kegiatan keagamaan, kajian keluarga, aqiqah, pernikahan dan pengajian rutin.

Baca Juga :  Tentang Yel Pramuka Islam Yes Kafir No, Gus Mus: Merendahkan Keberagaman

*Artikel ini dinarasikan dari catatan Kajian Rumahan pada tanggal 13 Juni 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here