Kajian Rumahan; Islam Adalah Agama Kemanusiaan

0
1011

BincangSyariah.ComUstad Taufiqurahman, Dekan Fakultas Dakwah PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an) menyampaikan bahwasanya Islam merupakan agama kemanusiaan. Karenanya, ajaran Islam semuanya adalah tentang memanusiakan manusia.

Lihatlah bagaimana di dalam Quran, Allah menyebutkan 240 kali kata “insan” dan turunannya. Bahkan, firman Allah yang pertama kali disampaikan kepada Rasulullah (Al-‘Alaq 1-5), sudah disebut kata “insan”.

Maka tentu tidak mengherankan jika menyebut Islam adalah agama kemanusiaan. Tema utama Islam adalah manusia, baik sebagai subjek maupun objek.

Karena itu, dapat kita lihat bahwa misi utama Nabi Muhammad adalah memanusiakan manusia. Nabi saja pernah lupa rakaat shalat Ashar. Karena sifat basyariyah, maka lupa menjadi salah satu hal yang dimaafkan dalam syariat Islam.

Syariat Islam penuh dengan dimensi kemanusiaan. Misal dalam Surat Al-Maun, orang yang mendustakan agama itu adalah orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya, sementara hanya rajin shalat saja. Dalam ayat ini, agama mengajarkan agar tidak hanya memperbaiki ke dalam diri, tapi berbuat baii ke sesama.

Selain itu jika diperhatikan dalam Al-Quran, porsi muamalah jauh lebih banyak dari ibadah. Dalam ibadah yang sifatnya mahdhah pun, banyak dimensi muamalah. Contohnya naik haji, menggerakkan perekonomian, bayar zakat, dll.

Bahkan, lanjut Ustad Taufiqurrahman, tujuan syariah (maqashid syariah) semuanya terkait dengan kemanusiaan yaitu melindungi agama, kehidupan, garis keturunan, akal pikiran, dan harta.

“Islam memberikan ruang kepada adat kebiasaan untuk diikuti manusia, selama tidak bertentangan dengan syariah,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kajian Rumahan adalah kajian keislaman dengan konsep homey yang diinisisi oleh masyarakat urban di suatu kompleks perumahan di kawasan Bintaro, yang bekerjasama dengan cariustadz.id, platform layanan untuk mencari ustadz yang dikelola oleh Yayasan Pusat Study Quran (PSQ) asuhan Prof. Quraish Shihab. Platform ini diluncurkan guna memudahkan masyarakat urban dan perkotaan mencari ustadz yang kompeten dan ramah untuk beragam kegiatan keagamaan, kajian keluarga, aqiqah, pernikahan dan pengajian rutin.

Baca Juga :  Penggalangan Dana NU Care Berhasil Membebaskan Ibu Eti dari Hukuman Mati di Arab Saudi

*Artikel ini dinarasikan dari catatan notulensi Kajian Rumahan tanggal 10 Agustus 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here