Islamic Virtual Festival: Merayakan Maulid Nabi Secara Online

0
14

BincangSyariah.Com – Komuji Jakarta bekerja sama dengan BincangSyariah, Komuji Indonesia, Kajian Rumahan, islami.co, serta didukung oleh Thinkweb sebagai technology partner mengadakan Islamic Virtual Festival 2020 yang diselenggarakan pada Minggu (29/11).

Kolaborasi tersebut diselenggarakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad Saw. Acara berlangsung sejak jam 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Dalam rangkaian acara yang dibagi menjadi beberapa stage tersebut, ada talkshow bertajuk “Nabi Kami Tak Seperti yang Kau Gambarkan” yang diisi oleh Ustadz Ahong dan Habib Husein Ja’far.

Ronald Surapraja sebagai moderator menanyakan tentang respons terhadap kasus yang terjadi di Prancis yang timbul dari berbagai negara di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

Ustadz Ahong menjawab bahwa Nabi Muhammad Saw. tidak digambarkan dalam bentuk sebuah gambar.

Ia menambahkan bahwa para ulama meriwayatkan tentang sosok Nabi Muhammad Saw. dalam bentuk tulisan dan lain sebagainya.

Apabila yang sempurna digambarkan, maka nanti ada pereduksian terhadap kemuliaan Nabi Muhammad Saw sebab dibatasi oleh bentuk-bentuk visualnya.

“Visualisasi kan perspektif masing-masing. Jika digambarkan dalam riwayat-riwayat, tidak ada unsur penghinaan.” Ujar Ustadz Ahong.

Sementara itu, Habib Husein Ja’far menyampaikan bahwa Nabi tidak bisa dihina sebab Nabi bagaikan mutiara sebab mutiara tidak bisa dikotori.

Terkait pemboikotan produk Prancis, ia melanjutkan, “jika pun ingin melakukan boikot terhadap produk Prancis, maka lakukanlah boikot dengan elegan.”

Ia menyatakan bahwa tidak perlu membakar produk yang sudah dibeli, cukup tidak usah membeli produk Prancis lagi. (Baca: Habib Umar: Mari Perkuat Amalah Sunnah Untuk Menghadapi Pelecehan Nabi)

Selain talkshow, ada juga pembahasan tentang masa muda Nabi Muhammad Saw. yang dibahas oleh Ahmad Rizal dan M. Khoirul Huda, dipandu oleh Rachel Amanda.

Ada juga tentang bisnis dalam pembahasan Ustadz Hendra yang bertajuk “Menjadi Pebisnis yang Islami dan Berkah.”

Terkait keperempuanan, ada Ustadzah Isna yang membahas tentang “Menjadi Sayyidah ‘Aisyah di Masa Kini”.

Islamic Virtual Festival dimeriahkan oleh Quraish Shihab, Najwa Shihab, Baim Wong, Rachel Amanda, dan lain-lain.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh Kikan, Candil, Sajjaad Ali, Panju Sakti, Adityalogy, Jon Kastella, Hampir Sastra Indonesia, Rozensky, The Panas Dalam, hingga Raisa.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here