Indonesia Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an Internasional di Iran

0
167

BincangSyariah.Com – Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah dunia Internasional di bidang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). MTQ yang ke- 36 ini diadakan oleh negara Iran yang dilaksanakan dari tanggal 10-14 April 2019 di Teheran, Iran.

Indonesia mengirimkan 4 peserta untuk kategori qari dewasa dan pelajar pria, serta hafidz Qur’an dewasa dan pelajar wanita. Mereka adalah Salman Amrillah dari provinsi Jawa Barat yang meraih juara 1 kategori tilawah dewasa pria, Muhammad Rifqi Hawari dari provinsi Kepulauan Riau yang meraih juara 3 kategori tilawah pelajar pria.

Sementara itu, Muhammad Khaerurozzaq dari provinsi Nusa Tenggara Barat dan Ummu Habibah Rochim dari provinsi Jawa Timur berhasil masuk ke babak final untuk kategori hafidz Qur’an pelajar pria dan dewasa wanita.

Selain itu, juga diselenggarakan MTQ Internasional antar pelajar pondok pesantren yang dilaksanakan di kota Qom. Peserta dari Indonesia yang bernama Sidiq Mulyana dari provinsi Jawa Barat berhasil meraih Juara 3 kategori Fahmil Qur’an.

Sebagaimana dilansir dalam detik.com, Dubes RI untuk Iran, Octavino Alimudin menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diperoleh oleh para peserta dari Indonesia, “Kami sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada para qari dan hafidz Qur’an yang telah mengikuti MTQ Internasional Iran ke-36 di Teheran dan MTQ Internasional antar pondok pesantren di Qom. Mereka telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan.”

Tidak hanya peserta yang mampu meraih prestasi di ajang tahunan ini yang sepatutnya membuat Indonesia bangga. Tetapi, kita juga bangga bahwa salah satu dari dewan hakim (juri) di acara MTQ internasional Iran ini adalah berasal dari Indonesia. Beliau adalah Prof. KH. Said Agil Husin Al-Munawar, mantan mentri agama RI pada kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here