Bu Khafifah Ajak Deklarasikan Anti Hoax

0
124

BincangSyariah.Com- Bu Khafifah Indar Parawansa selain menjabat sebagai gubernur Jawa Timur, ia juga adalah ketua PP Muslimat NU. Dalam acara Harlah Muslimat NU yang ke 73 (Ahad/27/1) kemarin, ada dua hal yang ia sampaikan dalam sambutannya kepada seluruh warga muslimat dan para tamu undangan.

Pertama, ia mengajak kepada seluruh warga muslimat yang terdiri dari para wanita itu agar menjaga aswaja dan Indonesia yang beragam agama dan sukunya. Oleh karena keberagaman dan perbedaan di Indonesia ini, maka bu Khafifah juga menekankan kepada warga muslimat agar menjalankan prinsip NU tasamuh (toleransi), tawasuth (moderasi), dan tawazun (seimbang/adil). Bahkan ia menekankan agar prinsip toleransi tersebut diajarkan sejak dini kepada anak-anak PAUD.

Kedua. Ia mengajak agar seluruh warga muslimat mendeklarasikan diri untuk anti hoax serta mengajak masyarakat jangan melakukan ghibah, adu domba, dan melakukan ujaran kebencian. Dengan kata lain, bu Khafifah mengajak agar semua warga muslimat selalu membangun positif thingking. Yakni membangun negeri ini dengan pikiran-pikiran yang positif, bukan sebaliknya.

Setelah orasi dari bu Khafifah tersebut, warga muslimat NU kemudian membaca bersama-sama deklarasi anti hoax dan ghibah yang terdiri dari empat hal. 1. Menolak hoax, fitnah, dan ghibah yang dapat memicu perselisihan dan perpecahan bangsa. 2. Tidak membuat berita bohong, ujaran kebencian, fitnah, dan ghibah. 3. Membudayakan menyaring sebelum menyebar informasi yang diterima. 4. Berpikir positif untuk menyatukan ukhuwah untuk mempersatukan bangsa. Dan pembacaan deklarasi anti hoax tersebut diakhiri dengan kalimat La haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim.

Baca Juga :  Jika Engkau tidak Punya Rasa Malu, Berbuatlah Sesukamu!


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here