Zikir dan Doa untuk Melapangkan Rezeki Keluarga

0
3084

BincangSyariah.Com- Perjalanan rumah tangga tentu akan menghadapi berbagai persoalan, termasuk persoalan ekonomi. Kebahagiaan rumah tangga akan sempurna jika kebutuhan secara material maupun non material terpenuhi. Termasuk kebutuhan material adalah tercukupinya kebutuhan ekonomi dalam suatu rumah tangga. Adakah doa khusus melapangkan rezeki keluarga?

Suami memiliki kewajiban memberikan nafkah atas istri dan anak-anaknya. Agama Islam telah mengajarkan bagaimana mencari rezeki dengan jalan yang halal, sehingga rumah tangga itu menjadi berkah. Tak jarang, ada rumah tangga yang ekonominya berantakan atau semerawut. Sesungguhnya, tugas kita sebagai seorang hamba-Nya adalah mengembalikan urusan itu kepada Allah dengan tetap melakukan ihtiyar sekuat dan semampu kita, tanpa meninggalkan berdoa kepada-Nya. Karena sesungghnya, pada setiap makhluk-Nya telah Allah jatah rezekinya, tinggal bagaimana kita menjemputnya.

Pernikahan merupakan pintu pembuka rezeki. Dalam buku ini, pengarang mengupas persoalan tentang berbagai amalan dan doa yang bisa membukakan pintu rezeki. Baik amalan, bacaan, wiridan, ataupun doa-doa yang bisa melancarkan dan melapangkan rezeki dalam rumah tangga.

“Salat berjamaah dapat menjadi salah satu jalan untuk melancarkan rezeki keluarga. Penulis pernah mendapat ijazah dari seorang kiai di Kediri. Bahwa agar rezeki keluarga lancar, bahkan melimpah dan berkah, maka seyogyanya kita mendirikan salat berjamaah, terutama di masjid. Ketika ia mengamalkan salat berjamaah selama empat puluh hari secara istikamah, rezeki keluarganya pun terus menerus mengalir” (hlm. 22)

Ibadah lain yang bisa kita lakukan adalah salat tahajud. Salat tahajud akan mendekatkan kita dengan Allah. Barang siapa yang mendirikan salat tahajud secara istikamah, sekalipun hanya dua rakaat pada setiap malam, niscaya Allah akan memberi keutamaan atau kemanfaatan baginya. Di antara keutamaan itu adalah kemuliaan yang berupa kedudukan, martabat, atau kekayaan, dan sebagainya. Kemuliaan yang berhak ia dapatkan baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga :  Amalan yang Berpahala Tanpa Niat

Seperti halnya ibadah yang lainnya, puasa Senin-Kamis adalah amalan yang istimewa. Nabi Saw konon senantiasa puasa pada kedua hari tersebut. Adapun cara pelaksanaannya sebagiamana puasa yang dilaksanakan sejak terbit fajar hingga terbenamnya Matahari, serta menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Pelaku puasa Senin-Kamis akan memperoleh limpahan pahala dan keberkahan dari Allah Swt. (hlm. 94)

Lebih jauh, Habib Abdullah Assegaf dan Ibdriya R. Dani menuturkan bahwa salawat adalah ibadah yang mendatangkan pahala yang begitu besar. Bukan hanya bacaan, melainkan juga suatu jalinan cinta dengan kekasih Allah Swt. Ada beberapa salawat baik yang bersumber dari Rasulullah Saw maupun yang dikarang oleh ulama salaf yang secara khusus dapat kita amalkan untuk memperoleh keberlimpahan dan keberkahan rezeki. Di antara salawat itu ada salawat Ibrahimiyah, salawat Nariyah, salawat Munjiyat, salawat Nuril Anwar, salawat Fatih, salawat Ghina al-Faqri, dan salawat Ghayatul Muna.

Ada banyak sekali doa yang berkaitan dengan keberlimpahan rezeki. Salah satu dari doa itu adalah doa memperoleh rezeki yang luas

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa Lelah dalam emmperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu”(hlm. 173)

Tak hanya bacaan salawat dan doa, namun ada juga zikir yang bisa dilanggengkan untuk mendatangkan dan melapangkan rezeki dalam rumah tangga. “Barang siapa membaca Yaa Razzaaqu sebanyak 339 kali pada siang dan malam hari, kemudian ia memohon kebutuhannya kepada Allah, insyaAllah kebutuhannya itu akan segera terpenuhi. Sedangkan barang siapa membacanya setelah mendirikan salat Subuh sebanyak seribu kali, maka Allah akan menambah rezeki keluarganya, bahkan dari arah atau jalan yang tidak terduga” (hlm. 155)

Baca Juga :  Mengapa Ulama Merutinkan Baca Surah Al-Waqi‘ah untuk Kelancaran Rezeki? Ini Penjelasan Imam al-Ghazali

Penulis memberikan penjelasan amalan-amalan tersebut secara komprehensif. Ia juga menyertakan keutamaan, bacaan, dan cara-cara mengamalkannya. Oleh Lutfi Nur Fadhilah

Judul Buku      : Amalan-Amalan Suami Istri untuk Membuka Pintu Rezeki

Penulis            : Arifin Ibnu Jumani

Penerbit           : Arsaka, Yogyakarta

Tahun Terbit   : November, 2019

Halaman         : 224 hlm

ISBN               : 978-623-7145-73-8

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here