Unduh Gratis Buku Parenting Ala Islam

1
9447

BincangSyariah.Com – Salah satu tugas penting setiap agama adalah pendidikan bagi umatnya. Hal ini ditenggari kenyataan banyaknya bahwa setiap agama melakukan perubahan bagi sosial. Tidak terkecuali aspek pendidikan anak atau yang dikenal dengan parenting.

Di dalam Islam sendiri, parenting dikenal dengan tarbiyah al-Awlad yang harus dilandasai atas prinsip-prinsip tauhid, keimanan dan akhlak karimah (mulia). Abdullah Naseh al-Ulwan dalam bukunya Tarbiyat al-Awlad fil Islam, menjelaskan bahwa setidaknya ada beberapa bentuk tanggung jawab yang harus diajarkan orang tua kepada anak. Tanggung jawab tersebut di antaranya pendidikan tauhid (agama), pendidikan akhlak, pendidikan jasmani, pendidikan nalar, pendidikan untuk bertanggung jawab dalam masyarakat.

Kondisi nyaman dalam keluarga, dan masyarakat juga menjadi salah satu tempat tumbuhnya berbagai macam aspek psikologis, dan kematangan seorang anak. Maka dalam Islam peran ibu menjadi penting untuk mendidik jiwa anak agar tumbuh menjadi anak yang bertanggung jawab. Sebagaimana pepatah arab mengatakan al-umm madrasah ula, ibu adalah sekolah pertama bagi anak.

Al-Ghazali juga menekankan hal serupa dalam ayyuhal walad, bahwa pendidikan anak juga harus mementing aspek kebutuhan anak, dan keharusan untuk mendengar keluh kesah sang anak. Untuk itu, buku mini ini hadir di kalangan pembaca. Berisi tentang cara menciptakan madrasah yang baik bagi anak saat di rumah, tanggung jawab orang tua dan tips-tips lain agar anak tidak dimanjakan. Semoga buku saku ini memberikan sedikit pemahaman tentang parenting dalam Islam.

Bagi anda yang berminat membaca buku Parenting Islam ini dalam versi cetak, silakan pesan ke narahubung berikut 085281400252 (Diah). Minimal pemesanan 20 eksemplar.

Bagi Anda yang berminat membaca buku tersebut dalam versi luring (offline), silakan anda bisa mengunduhnya pada tautan di sini.

Baca Juga :  Unduh Gratis Buku Saku Menjawab Tuduhan Bidah Salafi-Wahabi

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here