Unduh Gratis Buku Saku Fikih Nasionalisme

1
2484

BincangSyariah.Com – Buku saku ini disebut dengan Fikih Nasionalisme, yaitu sejumput pengetahuan umum tentang arti dan makna nasionalisme. Fikih sebagaimana dalam artinya secara etimologis sebagai al-fahmu (mengetahui) merupakan pengetahuan umum yang menyangkut persoalan pemahaman secara mendalam dan luas. Hal ini seperti terlihat dalam term-term lain seperti fikh al-muwazanah (pengetahuan tentang keberimbangan), fikh al-maqashid al-syariah (pengetahuan tentang tujuan-tujuan syariat Islam). Untuk itu perlunya memahami pesan dan arti penting nasionalisme dilihat dari dalam perspektif Islam.

Perdebatan tentang relasi Islam dan nasionalisme sendiri baru mulai belakangan pada abad ke-18 H. Secara teoritik nasionalisme merupakan bentuk patriotisme dan sikap mencintai tanah kelahiran dan bangsa di mana kita sebagai komponen dan anggota masyarakat hidup di sana. Gerakan nasionalisme berkembang pesat pasca tumbangnya kekuatan kolonialisme yang menjajah negara-negara dunia ketiga termasuk Indonesia.

Jika ditelusuri lebih jauh adakah legitimasi Islam terhadap nasionalisme? Sebagai umat Islam yang mengikuti Rasulullah saw., legitimasi itu kita temukan pada diri Muhammad saw. itu sendiri. Nabi Muhammad saw. sebagai pembawa risalah, merupakan orang Arab yang mencintai bangsanya sendiri. Serta dalam sebuah ungkapan Arab, hubbul wathan min al-iman (mencintai bangsa itu merupakan bagian dari iman).

Para pendiri bangsa Indonesia sudah meletakkan landasan kebangsaan dan kenegaraan pada Pancasila dan UUD 1945. Jauh sebelum usaha tersebut, tokoh-tokoh Islam seperti Hadratusy Syaikh K.H. Hasyim Asyari dengan resolusi jihad untuk melawan penjajah. Dalam catatan K.H. Saifuddin Zuhri di buku Guruku Orang-orang dari Pesantren mencatat beberapa ulama menyerukan dan ikut berperang untuk melawan penjajah. Jadi jika para ulama saja telah menjalankan prinsip cinta tanah air, lantas kita?

Akhirnya, buku saku ini mencakup beberapa tema-tema yang berkaitan dengan nasionalisme. Di antaranya hukum hormat bendera, apakah negara Indonesia sebagai negara kafir, dan mendiskusikan validitas dan makna hadis hubbul wathan minal iman. Meski sangat sederhana dan temanya terbatas, semoga buku kecil ini bermanfaat bagi para pembaca. Wallahul muwaffiq.

Bagi Anda yang berminat membacanya dalam versi cetak, silakan pesan ke narahubung berikut 085281400252 (Diah). Minimal pemesanan 20 eksemplar.

Baca Juga :  Fakhruddin ar-Razy dan Kitab al-Mabahits al-Masyriqiyyah; Ulasan Mengenai Teologi

Bagi Anda yang berminat membaca buku tersebut dalam versi luring (offline), silakan Anda bisa mengunduhnya pada tautan berikut ini: Unduh Gratis Buku Saku Fikih Nasionalisme

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here