Kiat Sukses Ramadan Ala Rasulullah

0
108

BincangSyariah.Com – Tak terasa kita sudah melewati beberapa hari di bulan suci Ramadan, jiwa dan raga selalu semangat menjalani perintah Allah swt di bulan ini, diantaranya adalah puasa, selainnya adalah ibadah-ibadah yang menyertainya seperti membaca Alquran dan bersedekah.

Tanpa disadari banyak dari kaum muslimin yang kurang memaksimalkan waktu dan momen berharga ini. Dimana di bulan suci Ramadan Allah swt banyak sekali menurunkan rahmat dan ampunan. Dimana kita akan ampunanNya? Sudahkah kita mengikuti jejak Rasulullah dalam menjalani bulan suci ini?

Jika kita menyia-nyiakan bulan ini, sungguh sangat rugi sekali. Padahal sejak jauh-jauh hari kia telah merindukan bulan suci Ramadan. Sangat, sangat rindu. Kita tak mampu menjadikan bulan Ramadan sebagai momentum untuk memperbaiki diri, menambah ketakwaan diri, yang nantinya akan bermanfaat bagi kita dan orang lain.

Barangkali hal tersebut berawal dari ketidaktahuan kita akan sosok teladan, Nabi Muhammad Saw ketika menjalani bulan Ramadan. Rasulullah adalah junjungan kita di setiap lika-liku kehidupannya, dimana di setiap suluk dan perangainya terdapat hikmah, pelajaran dan akhlak yang mulia.

Kita tidak tahu bagaimana nabi Muhammad saw memandang bulan Ramadan, bagaimana beliau mengisi bulan Ramadan dengan amal ibadah, apa saja hikmah yang terkandung dalam puasa, bagaimana Nabi ketika sahur, apa sih keutamaan makan sahur, bagaimana nabi ketika berbuka, apa efek dari puasa sebulan yang kita jalankan, apa saja sifat teladan Nabi di bulan Ramadan, dan masih banyak lagi yang belum kita ketahui dari sosok Rasulullah saw.

Salah satu keistimewaan Ramadan adalah sebagaimana yang tertulis dalam hadis Rasulullah dalam kitab Muslim:

حَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ وَهَارُونُ بْنُ سَعِيدٍ الْأَيْلِيُّ قَالَا أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ أَبِي صَخْرٍ أَنَّ عُمَرَ بْنَ إِسْحَقَ مَوْلَى زَائِدَةَ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

Baca Juga :  Unduh Gratis Buku Saku Fikih Nasionalisme

Telah menceritakan kepada kami Abu ath-Thahir dan Harun bin Sa’id al-Aili keduanya berkata, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahab dari Abu Shakhr bahwa Umar bin Ishaq mantan budak Zaidah, telah menceritakan kepadanya, dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Shalat lima waktu dan shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadlan ke Ramadlan berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya apabila dia menjauhi dosa besar.” (HR Muslim)

Hadis diatas adalah salah satu riwayat yang menjelaskan betapa istimewanya bulan Ramadan. Ia memiliki keistimewaan dibanding bulan-bulan lainnya. Yaitu dapat menggugurkan dosa, tentunya bagi orang yang menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah swt di bulan itu.

Selanjutnya, untuk mengetahui bagaimana Rasulullah saw menjalankan Ramadan agar kita bisa mengikuti apa yang dicontohkan beliau salah satunya kita mesti membaca dan membayangkan gambaran kehidupan beliau dalam kitab-kitab hadis yang diwariskan dan diriwayatkan oleh para ulama terdahulu mengenai bagaimana sih Rasulullah saw menjalankan Ramadan.

Maka cocoklah kiranya pembaca melengkapi Ramadan dengan buku yang ditulis oleh Saepul Anwar yang berjudul “Kiat Sukses Ramadan Ala Rasulullah SAW.” Buku ini dapat membantu pembaca untuk melihat dari dekat aktivitas dan amalan Rasulullah di bulan Ramadan. Diawali dengan cara Rasulullah menyambut Ramadan dan menentukan awal puasa hingga amalan-amalan khusus beliau ketika Ramadan dan Syawal.

Identitas buku:

Judul                : Kiat Sukses Ramadan Ala Rasulullah SAW

Penulis             : Saepul Anwar

ISBN                : 978-602-53634-5-0

Tebal               : 126 halaman

Penerbit           : el-Bukhari Institute dan Islami.co

Peresensi          : Amien Nurhakim

Untuk pemesanan, silakan hubungi kontak penerbit eBI Publishing. Klik di sini.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here