Ingin Memahami Ilmu Hadis? Lihat Buku Menyingkap Khazanah Ilmu Hadis Disini!

0
1317

BincangSyariah.Com – Ilmu Hadis, atau yang dalam bahasa Arab disebut sebagai ‘ulumul al-hadith, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seperangkat keilmuan yang digunakan untuk mengenal dan memahami seluk beluk hadis Nabi Saw. Dari sisi kebahasaan, penggunaan istilah ‘ulum yang berarti bentuk plural dari ‘ilm, yang memiliki arti sejumlah ilmu, menunjukkan ada sejumlah ilmu yang dibutuhkan untuk memahami hadis Nabi Saw.

Dan, seperti dikatakan oleh Syekh Dr. Ahmad Ma’bad ‘Abd al-Karim, Guru Besar Ilmu Hadis Universitas Al-Azhar, sebenarnya pada masa lalu semua ilmu yang digunakan untuk memahami selak beluk apa yang bersumber dari Rasulullah Saw., disebut sebagai ilmu hadis. Ini dikatakan beliau sebagai komentar terhadap pernyataan As-Suyuthi dalam Tadrib ar-Rawi tentang pembagian ilmu hadis menjadi dua kelompok, ‘ilm al-hadits riwaayatan dan ‘ilm al-hadits diraayatan. Yang pertama fokus pada periwayatan hadis Nabi Saw. baik berbentuk ucapan, perbuatan, serta memastikan kesahihan teks-teks hadisnya. Sementara yang kedua fokus pada pembelajaran soal apa yang disebut riwayat, syarat, ragam, dan status hukum setiap hadis serta mengetahui kisah-kisah para periwayat hadis dalam sebuah sanad yang menjadi tolok ukur apakah mereka bisa dikategorikan meriwayatkan hadis yang statusnya shahih atau tidak.

Disinilah buku ini menjadi mendapatkan posisinya. Sebelum kita bisa menyatakan memahami sebuah hadis, kita harus memulai dulu dengan mengenal apa yang disebut ‘ilm mustholah al-hadits. Ilmu yang secara harfiah artinya ilmu mengenai istilah-istilah dalam hadis ini memiliki fungsi untuk mengetahui bagaimana membedakan antara hadis yang disebut shahih dengan yang tidak. Kemudian kita menjadi mengetahui apa saja istilah-istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah hadis itu shahih dan tidak shahih. Kita juga lewat ini dapat memahami bahwa keshahihan suatu hadis ditentukan baik dari segi tranmisi periwayatannya (sanad) maupun dari isi dari hadis tersebut (matan). Pada kedua pembagian itu juga memiliki varian yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Mengenal Hadis Hasan Li Ghairihi

Pada buku “Menyingkap Khazanah Ilmu Hadis” ini, ada dua bidang keilmuan yang dibahas. Pertama adalah ‘ilm mustholah al-hadits dan kedua adalah adalah metode kritik hadis. Penambahan metode kritik hadis, meskipun sebenarnya bukan merupakan bagian langsung dari mustholah al-hadits, namun ia adalah bentuk penerapan bagaimana kita bisa terus menerus menguji dan mengkaji keshahihan sebuah hadis. Lewat ilmu ini, kita tidak segera terpesona ketika ada orang mengatakan kalau praktiknya berdasarkan hadis Nabi Saw. dan juga tidak mudah ikut-ikutan ketika dituduh atau mendengar tuduhan sebuah amalan tidak ada dalilnya dalam Al-Qur’an dan Sunnah

Akhirul Kalam, selamat membaca buku ini agar keislaman kita semakin baik.

Untuk pemesanan dapat menghubungi nomor yang tertera pada gambar artikel ini, atau klik disini untuk langsung chat eBI Publishing.

Menyingkap Khazanah Ilmu Hadis
Cover Menyingkap Khazanah Ilmu Hadis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here