Etika agar Doa Kita Dikabulkan oleh Allah

0
1598

BincangSyariah.Com- Aku tidak menciptkan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku” (QS. Al-Dzariyat: 56).

Manusia diperintahkan untuk selalu berdoa kepada Allah Swt walau sesungguhnya berdoa adalah kebutuhan seluruh makhluk terhadap Tuhannya. Tuhan tidak membutuhkan doa-doa dan ibadah makhluk-Nya. Kitalah yang membutuhkan doa dan ibadah agar eksistensi kita sebagai hamba benar-benar diakui. Seorang hamba yang menginginkan doanya mudah terkabul mestinya menorehkan berbagai prestasi ibadah sehingga Allah begitu sayang kepadanya.

Allah telah berjanji bahwa Dia akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dikabulkannya doa tidak mesti harus seketika itu juga. Allah lebih mengetahui kapan doa itu seharusnya dikabulkan dan diterima hamba-Nya. Hanya saja manusia yang cenderung tidak sabar dalam berdoa sehingga menjadikannya resah terhadap doa yang ia panjatkan.

Ketika doa kita dikabulkan oleh Allah maka sepatutnya kita bersyukur. Walau kita menganggap apa yang kita dapatkan itu adalah sesuatu yang sederhana, dengan bersyukur kepada Allah, maka Allah akan mempercayai kita dan memudahkan kita dalam menggapai anugerah yang lebih besar.

Dalam buku Jika Engkau Meminta, Allah Pasti Memberi disajikan berbagai amalan dan doa yang bisa membantu agar doa-doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah Swt. Salah satu amalan yang bisa mengiringi terkabulnya doa adalah kesadaran kita sebagai hamba Allah Swt. Dengan menyadari bahwa kita adalah hamba-Nya, kita akan selalu merasa diawasi oleh-Nya dan akan dimintai pertanggung jawaban kelak oleh-Nya.

Indah jika kita menghambakan diri kepada Allah. Semakin kita berusaha menghambakan diri, kita akan semakin mendapatkan kesempurnaan di sisi Allah. Doa kita hanya kepada Allah, tawakal kita haya kepada Allah, harapan kita hanya kepada Allah, cinta dan benci kita karena Allah, dan semua ibadah hanya kepada Allah” (hlm. 19)

Baca Juga :  Hukum Mengulang-ulang Doa, Apakah Dianjurkan?

Agar doa yang kita panjatkan dikabulkan, maka kita juga harus memiliki dan mempraktekkan etika dalam berdoa kepada Allah. Menjaga adab dalam berdoa diantaranya adalah bersikap rendah diri, dalam kondisi suci, sungguh-sungguh dalam berdoa, menengadahkan telapak tangan, menghadap kiblat, dan yang tak kalah penting adalah bersabar dan terus meningkatkan kualitas ibadah kita.

Awalilah doa dengan membaca al-Fatihah, Nabi pernah bersabda, “al-Fatihah seperti apa yang kamu harapkan ketika membacanya” (hlm. 111)

Setelah membaca al-Fatihah, merayulah kepada Allah dengan nama-namanya yang baik. Memuji Allah adalah kewajiban kita semua sebagai hamba. Memuji Allah adalah bagian dari kesadaran kita sebagai seorang hamba. Bersalawat, kemudian ditutup dengan al-Fatihah. Para ulama bersepakat bahwa bertawasul dengan amal salih dapat menjadi perkara yang baik. Tawasul kepada Allah ada beberapa jenis, tawasul bi asmaillah (tawasul dengan nama Allah), tawasul bi a’mal shalihat (tawasul dengan amal salih), dan tawasul bi shalihin (tawasul dengan orang-orang salih).

“Termasuk bagian dari sunah adalah orang yang berdoa yang mengakhiri doanya dengan membaca salawat kepada Nabi Saw kemudian membaca surat al-Fatihah” (hlm. 118)

Ketika doa kita sudah dikabulkan, maka janganlah menjadi hamba yang tidak tahu berterima kasih. Sesungguhnya dalam pengabulan doa seorang hamba terdapat suatu ujian, apakah ia mampu menjaga amanah atas terkabulnya doa itu atau ia kemudian menjadi hamba yang semakin jauh. Maka, setelah dikabulkannya doa kita sudah seharusnya untuk bersyukur, meningkatkan ilmu dan ibadah kita, meningkatkan ketakwaan, serta menjaga silaturrahmi agar tidak hanya hubungan vertikal yang kita jaga namun juga seimbang dengan hubungan horizontal terhadap sesama makhluk.

Judul Buku      : Jika Engkau Meminta, Allah Pasti Memberi

Baca Juga :  Buku Terbaru: Kiat Sukses Ramadan ala Rasulullah Saw.

Penulis            : Ibnu Mas’ad Masjhur

Penerbit           : Araska, Yogyakarta

Tahun Terbit   : Februari, 2020

Jumlah Hlm    : 232 hlm

ISBN               : 978-623-7537-67-0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here